Aturan Baru Mendikbud, Baju Adat Bakal Jadi Seragam Sekolah dari SD hingga SMA

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Indonesia terkenal memiliki beragam suku dan adat istiadat yang berbeda. Kaya dengan budaya, menjadikan Indonesia meriah dengan adanya beragam bahasa, aneka jenis makanan, lagu daerah, hingga pakaian adat yang berbeda.

Tentu ini menjadi salah satu kebanggaan negara tercinta, dengan adanya keanekaragaman budaya dan suku bangsa ini justru semakin menguatkan persatuan dan memiliki rasa cinta yang satu, cinta tanah air.

Kekinian ada wacana aturan baru yang keluar dari Mendikbudristek bahwa baju adat akan menjadi salah satu seragam sekolah para siswa, mulai dari jenjang Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas atau SMA.

Seperti diketahui selama ini para siswa memiliki baju seragam nasional, seragam pramuka, seragam olahraga dan seragam khas dari sekolah masing-masing.

Terbaru, akan ada aturan di sekolah harus menggunakan pakaian adat yang jadi salah satu seragam wajib para siswa.

Hal ini merujuk pada Peraturan Mendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022, Kemdikbud menetapkan bahwa penggunaan seragam sekolah harus sesuai aturan baik itu seragam nasional, seragam khas, pramuka hingga baju adat.

Kemendikbud juga mengatur terkait masing-masing seragam mulai dari model, warna, hingga hari penggunaannya.

Dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, beberapa pakaian tradisional daerah ini kemungkinan akan menjadi seragam wajib para pelajar di daerah masing-masing.

Di antaranya: Ulos; baju adat Batak, Sumatera Utara, Baju adat Padang Bundo Kanduang dari Sumatera Barat, Pakisan; baju adat Bangka Belitong yang juga pernah dikenakan Presiden Jokowi, Baju Bodo dari Makassar, Baju Pesa’an dari Jawa Timur, dan Kebaya Encim& Sadaria, baju kebanggan rakyat Betawi.

Dilansir dari laman Kemendikbudristek, aturan untuk mengenakan pakaian adat daerah sebagai seragam sekolah ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada siswa dan juga guru.

Berikut ini isi Permendikbud Nomor 50 tahun 2022 tentang Pakaian Seragam Sekolah bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada poin ke-tiga, tentang pakaian adat:

Pakaian adat digunakan oleh Peserta Didik pada acara adat tertentu yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah dengan memperhatikan Peserta Didik dalam menjalankan agama dan kepercayaan sesuai dengan keyakinannya.Itulah aturan terbaru pakai baju adat di sekolah sesuai dengan Permendikbud Nomor 50 Tahun 2022.

No More Posts Available.

No more pages to load.