Desa Sendoyan Sambas, Memiliki Rumah Produksi Lada Upaya Hilirisasi Produk Untuk Skala Ekspor

oleh
Tanaman Lada

Pontianak, Borneo24.com – Kepala Desa Sendoyan, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat Juliasnyah mengatakan daerahnya segera memiliki rumah produksi lada sebagai upaya hilirisasi produk untuk skala ekspor.

“Rumah Produksi Lada Kabupaten Sambas, tepatnya di Dusun Batu Layar akan dibangun. Insyallah tahun depan pelaksanaannya,” ujar Kepala Desa (Kades) Sendoyan, Juliansyah saat dihubungi di Sambas, Minggu

Ia menjelaskan bahwa rencana pembangunan rumah produksi ada di desannya bagian dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara.

“Sudah beberapa kali dilakukan survei lokasi oleh Badan Nasional Pembangunan Perbatasan (BNPP) dan pihak berwenang. Saat ini juga sudah keluar desain bangunan serta fasilitasnya,” jelas dia.

Menurutnya sejauh ini hilirisasi produksi lada berupa lada bubuk putih dan hitam masih skala rumahan. Kemudian produksi masih dalam tahap promosi.

“Kemudian produk turunan kita tersebut dalam tahan sertifikasi baik dari sisi PIRT, label halal dan perbaikan kemasan serta lainnya,” kata dia

Ia bersyukur respon pemerintah baik daerah bahkan nasional terhadap desanya terus hadir. Ia pun berkomitmen untuk mengembangkan lada menjadi komoditas unggulan dan memberikan dampak luas bagi ekonomi dan pembangunan daerah.

“Sejak awal saya mendukung produksi hilirisasi oleh pelopor Lada Batu Layar. Kemudian desa juga menganggarkan dan membina kelompok tani untuk pengembangan produk lebih luas. Kembali, ini terus mendapat dukungan oleh pemerintah,” katanya.

Ia memastikan ke depan dengan adanya rumah produksi lada akan berdampak langsung dengan pembangunan lainnya seperti jalan karena untuk mobilitas orang dan barang pasti didukung jalan yang baik sehingga biaya logistik lebih murah dan diakses lebih mudah.

“Belum lagi dampak ekonomi. Saat ini mulai disiapkan dan akan dibuat perencanaan umum bagaimana menyambut pembangunan rumah produksi lada tersebut,” kata dia.(***)