Dua Kecamatan Di Pulang Pisau Terendam Banjir

oleh

Pulang Pisau – Dua Kecamatan di Kabupaten Pulang Pisau kini terendam banjir, yakni Kecamatan Banama Tingang dan Kecamatan Kahayan Tengah. Di Kecamatan Banama Tingang merendam sebanyak 13 Desa dan di Kecamatan Kahayan Tengah merendam Desa Balukon, dan Desa Penda Barania.

Dikatakan, Pj. Kades Balukon Herdianson, beberapa rumah di desanya sudah terendam yakni Desa balukon, di Balukon Lama, jumlah rumah yang terendam ada sebanyak 6 buah rumah, dengan jumlah KK sebanyak 11 jiwa.

” Untuk Jumlah KK seluruhnya di balukon lama ada sebanyak 22 KK,” ujar Herdison menjelaskan.

Kepada Reporter Borneo24, Camat Tengah Leting, membenarkan di Kecamatan Kahayan Tengah mulai terendam banjir, di antaranya di ruas Jalan Palangkaraya-Bukit Rawi tepatnya di Wilayah Desa Penda Barania yang biasa tempat menjadi langganan banjir, dan juga pemukiman penduduk di Wilayah Desa Balukon yaitu di Balukon lama yang rumahnya mulai terendam.

Kondisi banjir di ruas Palangkaraya-Bukit Rawi, kata Leting, tepatnya diwilayah Desa Penda Barania, lokasi yang rencananya pembangunan Jembatan Layang pun sudah mulai terendam, dengan ketinggian debit air sekitar 10 sampai 15 centi meter di atas permukaan aspal dengan panjang bentang yang terendam kurang lebih 400 meter.

” Meski debit air mulai naik, sampai sekarang ini arus lalulintas masih berjalan lancar, meski dengan kecepatan agak lambat,” tutupnya. (RP/01)