Jalan Alternatif Penghubung Antar Kecamatan di Katingan Rusak Parah

oleh

KATINGAN – Jalan alternatif antar Kecamatan di bagian Selatan Kabupaten Katingan, wilayah Desa Hiyang Bana mengalami kerusakan parah. Sudah 2 tahun ini, jalan tersebut belum mendapat perhatian dari pihak pemerintah Kabupaten atau Provinsi.

Jalan sepanjang 3 kilo meter tersebut merupakan jalan yang ramai dilalui warga antar kecamatan diantaranya, Kecamatan Katingan Kuala atau Pagatan, Kecamatan Mandawai, dan Kecamatan Baun Bango. Tiga kecamatan ini menggunakan jalan tersebut dari Desa, membawa hasil kebun mereka yang akan dipasarkan ke Kota, dan dilalui para pedagang yang membawa barang dagangannya ke desa untuk dijual.

Menurut salah satu warga Desa Hiyang Bana Pajek mengatakan, kerusakan juga dipicu dari truk pengangkut buah sawit yang bermuatan melebihi kapasitas normal dan para truk tangki perusahaan yang sering melintasi jalan tersebut. “jalan ini tidak hanya dilewati warga, tapi juga pihak pemerintah. Jadi mustahil kalau mereka tidak tau kerusakan jalan ini” keluhnya

Pajek berharap pihak pemerintah dapat lebih cepat melakukan perbaikan terhadap jalan tersebut. “ya mudah-mudahan ini segera diperbaiki, supaya warga atau pengguna jalan lain bisa lancar beraktifitas melalui jalan ini” ujarnya. (RP/02)