Jembatan Lengkung Sare Pulau Kecamatan Bataguh Dipastikan Fungsional 2019

oleh

KAPUAS – Pembangunan Jembatan Sare Pulau Kecamatan Bataguh yang merupakan jembatan lengkung rangka baja khusus ditargetkan fungsional tahun 2019 ini, karena tinggal pengerjaan pengecoran lantai dengan lebar jembatan 3 meter dan panjang 60 meter.

Jembatan yang dikerjakan, menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) dari tahun 2017, 2018 dan 2019, dengan tiga tahapan baik itu pemancangan tiang, pemasangan rangka baja dan terakhir pengecoran dengan total anggaran Rp 7 Miliar

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPRPKP Teras, ST.MT. mengakui pembangunan jembatan melengkung sepanjang 60 meter dan lebar 3 meter tersebut direncanakan akan fungsional pada tahun 2019 ini. Pembangunan jembatan ini dibilang khusus karena bahan yang dipakai merupakan bahan rangka baja yang diperkirakan tahan sampai 50 tahun kedepan.

“Pengerjaan jembatan rangka baja khusus berbentuk lengkungan ini, sudah menghabiskan anggaran APBD Kabupaten Kapuas Rp 7 Milliar” ungkapnya. 

Dalam penjelasannya, Teras menyebutkan bahwa tahun ini akan dilakukan pengecoran jembatan yang sudah selesai pemasangan rangka bajanya, dan masih menunggu proses tender dengan nilai Rp 1,2 Milliar.

Meskipun tahan lama, dalam upaya menjaga keawetan, jembatan tersebut akan diportal agar kendaraan tidak diperbolehkan melintas di atas jembatan. (RP/02).