Peringatan Hardiknas 2020 “Belajar dari Covid-19”

oleh
Hari Pendidikan Nasional

Jakarta,Borneo24.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, menetapkan “Belajar dari Covid-19” sebagai tema dalam Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2020 yang jatuh hari ini, Sabtu (2/5/2020).

Melalui surat Nomor 42518/MPK.A/TU/2020 yang ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim, Kemendikbud secara umum mengimbau setiap satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, kantor instansi pusat dan daerah, serta perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, tidak mengadakan kegiatan peringatan Hardiknas 2020 yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi. Imbauan tersebut, sebagai bentuk pencegahan penyebaran Corona virus Disease 2019 (Covid-19)

Peringatan Hardiknas tahun ini memang tidak terlepas dari pandemi covid-19. Tapi esensi yang ada di Hardiknas ini harus tetap sama. Yakni terus mendukung penyelenggaraan pendidikan berkualitas bagi seluruh masyarakat.

Mengenai kondisi penyelenggaraan pendidikan di tengah pandemi Covid-19, dia menjamin bahwa implementasinya di lapangan masih tetap terukur. Baik yang berkaitan dengan pelaksanaan Ujian Nasional beberapa waktu lalu, proses belajar dari rumah, ujian sekolah, kenaikan kelas, penerimaan peserta didik baru hingga penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)  atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Masyarakat atau insan pendidikan tetap dapat memperingati dan memeriahkan Hardiknas Tahun 2020 dengan melakukan beragam aktivitas/kegiatan kreatif yang menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19 dan mendorong pelibatan dan partisipasi publik, serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. “Kita tetap perhatikan anjuran Bapak Presiden untuk melakukan pembatasan sosial dan jaga jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar Ainun.

Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020 disusun dengan memperhatikan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona virus Disease 2019 dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Corona virus Disease 2019 sebagai Bencana Nasional.

Wali murid diminta bisa berperan aktif dalam mendukung program belajar dari rumah. Menurutnya, paling terpenting adalah membangun komunikasi yang baik dengan anak. Sehingga materi pembelajaran bisa dimengerti anak. Di samping itu, aspek psikologis anak juga dalam keadaan baik. (***)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.