Polres Prioritaskan Percepat Penanganan Pidana Pemilu

oleh

Lamandau – setelah Bawaslu Kabupaten Lamandau menyerahkan berkas perkara dugaan pidana pemilu ke Polres Lamandau, kini dugaan money politik yang dilakukan oleh salah satu celeg berinisial AA masuk ke proses penyidikan.

“benar kita telah menerima laporan dari bawaslu, sekarang sudah masuk proses penyidikan, sebelumnya kita juga telah membuat LP,” ujar Kapolres Lamandau, AKPB Andiyatna.

Ia menegaskan bahwa pihaknya akan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. Dan kasus ini akan menjadi prioritas, karena ada batas waktu tertentu untum penyelesaian pidana pemilu.

“saat ini masih pemeriksaan saksi-saksi, kita upayakan bisa secepatnya, ” tegasnya.

Sementara itu, ketua Bawaslu Lamandau, Bedi Dahaban mengungkapkan bahwa terkait Penanganan kasus dugaan pelanggaraan pidana pemilu, sesuai aturan bawaslu diberi kesempatan menindaklanjuti selama 14 hari.

“namun karena bawaslu menyadari penanganan dugaan pelanggaran menganut prinsip cepat, tepat dan profesional, bawaslu lamandau hanya membutuhkan 7 hari untuk menyelesaikan klarifikasi atas temuan yang didapat di lapangan,” tegasnya.

Setelah dilaporkan ke kepolisian, perkara ini harus ditindaklanjuti pihak kepolisian dengan jangka waktu paling lama 14 hari sebelum di limpahkan ke kejaksaan .

“Harapannya agar secepatnya ditindaklanjuti. Sebagaimana harapan masyarakat agar ada kepastian Hukum, maka proses penyidikan perlu di segerakan,” harapnya. (RP/01)