Presiden Resmikan Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut

oleh

PALANGKA RAYA – Presiden Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya, Senin (08/04/2019) sore. Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti dan membuyikan sirene.

“Dengan ini Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut saya resmikan,” kata Joko Widodo didampinhi ibu negara Iriana Jokowi.

Dalam sambutan singkatnya, presiden menyampaikan, pembangunan terminal baru tersebut memakan waktu sekitar 4 tahun. Kemudian untuk anggaran, berasal dari APBN dengan total Rp 700 miliar lebih.

Selain pembangunan terminal baru, bandara Tjilik Riwut juga mendapatkan peningkatan landasan pacu.

Untuk diketahui, terminal baru Bandara Tjilik Riwut memiliki luas 29.124 m2 dan dapat menampung hingga 2.200 orang per hari. Sebelumnya, terminal lama hanya memiliki luas 3.865 m2 dengan kapasitas 600 orang per hari.

Landasan pacu (runway) pada terminal baru ini berukuran 2.500 m x 45 m, dengan didukung dua taxiway masing-masing 150 m x 23 m, apron 328 m x 110 m, serta parking standyang mampu menampung sebanyak empat pesawat berbadan lebar.

Adapun pihak maskapai yang saat ini melayani penumpang di Bandara Tjilik Riwut antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Transnusa dengan total sebanyak 34 pergerakan pesawat. (RP/01)