Rosidin, Paijah Dan Kawan-Kawan Akan Dilepaskan Oleh Yayasan BOSF

oleh

Katingan – Sebanyak enam ekor orang utan akan dilepaskan ini yayasan BOSF (borneo orang utan survival) ke taman nasional bukit baka bukit raya dalam minggu ini. Pelepasan tersebut menggunakan jalur darat dan sungai selama tiga hari. Dari enam yang dilepaskan 1 orang utan yang masih bayi berumur 1 tahun.

Mae sumarnae asisten maneger animal BOSF dalam rilisnya mengakui pelepasan keenam orang itu setelah dilakukan perawatan selam bertahun tahun . Enam orang utan itu merupakan korban konflik dengan warga dan juga hasil sitaan yayasan BOSF yang bekerjasama dengan balai konservasi sumber daya alam kalimantan tengah.

Ke-6 orang itu sudah memiliki nama. Rosidin 20 tahun, tristan 16 tahun dan borneo 1 Tahun jenis kelamin jantan, sedangkan betina yang terdiri dari buntok induk borneo 12 tahun, paijah (15) danida (13). “pelepas liaran ini sudah yang ke 28 kalinya dengan jumlah 120 individu di taman nasional tersebut” kata mae sumarnae.

“Melestarikan satwa liar di habitatnya merupakan suatu hal yang penting untuk memastikan keberhasilan upaya konservasi dalam jangka panjang dan bertahun-tahun menjalani rehabilitasi dan dikembalikan ke taman nasional yang memenuhi persyaratan yang mendukung metapopulasi orang utan” katanya lagi. (RP/01)