Selesai Periksa PNS Di Kejakasan, Tim Kejagung Cek PT NAL

oleh

Lamandau – Setelah Selesai memeriksa PNS dari Pemerintah Lamandau, tim dari Kejagung RI bersama Kejaksaan Negeri Lamandau melakukan kunjungan ke lokasi kebun pada rabu (1/5/2019) kemarin. Tampak turut serta kepala dinas pertanian dan perwakilan perusahaan PT NAL (Nirmala Agro Lestari).

Informasi yang diperoleh, kunjungan dilakukan untuk melihat fakta dilapangan terkait hasil pemeriksaan dari para PNS Pemda Lamandau. Hingga berita diturunkan, tim dari Kejagung dan kejari masih belum memberikan keterangan resmi terkait kegiatan penyelidikan masalah lahan .

Namun informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber menyebutkan bahwa permasalahan bersumber dari surat keputusan bupati lamandau terkait kemitraan pengelolaan kebun sawit antara kelompok tani Batanggui Lestari dengan PT Nirmala Agro Lestari .

CDO PT NAL, Kusartono saat dikonfirmasi secara singkat membenarkan bahwa pihaknya telah diperiksa dan telah turun langsung ke lapangan.

“Nengok kebun saja, kita menjelaskan dan memfasilitasi keinginan warga untuk mencari solusi,” jawabnya singkat saat dikonfirmasi via whatsapp.

Menurutnya, Inti masalahnya adalah warga Desa Sungai Mentawa ingin pengelolaan kebun yang dikelola kelompok tani Batanggui Lestari dialihkan kepada mereka. Karena lokasi kebun tersebut ada di wilayah Desa Sungai Mentawa, sementara yang menikmati hasilnya adalah kelompok tani lain yang notabene anggotanya bukan warga desa setempat.

Terpisah, Kajari Lamandau, Rachmad Surya Lubis saat dihubungi juga membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan peninjauan ke lapangan. “cuma peninjauan biasa, cek lapangan bahwa benar kebunnya memang ada di lokasi tersebut,” jelasnya. (RP/01)