Terdiri dari Bangunan Megah, Inilah Kisah Legenda dari Kota Padang 12 di Kalbar

oleh
Ilustrasi Gambar

Kalimantan Barat, Borneo24.com – Buat kamu orang Kalimantan mungkin udah tidak terasa asing lagi dengan legenda yang satu ini. Yakni legenda Padang 12, atau kota ghaib yang konon terdiri dari lingkungan megah dan mewah dan hanya dihuni oleh orang-orang Limun.

Kota Padang 12 diyakini terdapat di Kabupaten Ketapang yang jaraknya sekitar 30 menit dari Bandara Supadio Kota Pontianak. Kalau dilihat sama orang awam, Padang 12 ini hanya seperti padang ilalang pada umumnya namun dengan hamparan sangat luas.

Hamparan tersebut memang hanya terdiri dari tumbuh-tumbuhan liar, makanya kemudian disebut dengan Padang 12 oleh masyarakat setempat. Namun bagi mereka yang bisa melihat kota tersebut, konon kota Padang 12 ini merupakan kota yang sangat maju.

Bahkan kota Padang 12 ini digambarkan sebagai kota modern, megah, dan sangat bersih. Katanya lagi nih ya, gak ada kota di dunia ini yang semegah dan sebersih kota Padang 12. Penghuninya pun digambarkan seperti manusia pada umumnya namun hidup sangat berkecukupan.

Kabarnya penghuni kota Padang 12 ini semuanya memiliki hunian mewah dan juga kendaraan mewah seperti Ferrari, Roll Royce, dan juga Harley Davidson. Bahkan ada yang bilang kalau penghuni kota Padang 12 juga biasa memiliki pesawat pribadi dan kapal pesiar.

Masih menurut legenda masyarakat setempat, kota Padang 12 ini dihuni oleh orang-orang Limun. Mereka terlihat seperti manusia pada umumnya, namun tak memiliki garis di bagian bawah hidungnya. Katanya mereka juga beraktivitas seperti manusia pada umumnya.

Konon, orang-orang Limun ini juga melakukan aktivitas jual beli dengan manusia. Alat transaksi yang mereka gunakan dalah menggunakan kunyit, yang katanya bisa berubah menjadi emas. Gak sedikit warga setempat yang berbagi pengalaman beruntung bisa bertransaksi dengan orang-orang Limun.

Orang Limun yang juga sering disebut sebagai Orang Kebenaran ini dipercaya sebagai orang suci, jujur, dan juga taat beribadah. Tapi ada juga yang beranggapan kalau orang Limun adalah jin muslim yang sidah menempati kota tersebut selama ribuan tahun.

Ada satu cerita lagi nih yang membuat kota Padang 12 ini makin mistis. Katanya nih ya, Raja Dangdut Rhoma Irama yang konon pernah diundang manggung di kota Padang 12. Rhoma Irama ini kabarnya secara mengejutkan mengaku sudah 2 kali diundang mangguh di Ketapang.

Tapi semua warga Ketapang bilang kalau Rhoma Irama baru pertama kalinya diundang nyanyi ke Ketapang. Katanya Rhoma Irama juga sempat bilang, kalau seingatnya, Ketapang yang pertama kali dilihatnya ketika manggung sangat lah megah.

Tapi ketika datang untuk kedua kalinya kok jadi tidak sama. Kisah tersebut tentu menjadi cerita mistis yang sangat cepat beredar di masyarakat setempat bahkan juga masyarakat Kalimantan secara umum.

Sampai saat ini masih banyak loh yang penasaran dengan kebenaran legenda kota Padang 12 ini. Banyak yang dengan sengaja berkunjung ke sana untuk sekadar melihat lokasi kota Padang 12. Ya tapi memang gak sembarang orang bisa melihatnya.

Hanya mereka yang memiliki hati bersih saja yang konon bisa melihat kota ghaib yang satu ini. Gimana nih, kamu pengen coba ke sana? Siapa tahu hatimu memang benar-benar bersih, hingga bisa berinteraksi dengan orang-orang Limun. Lumayan kan kalau pulang-pulang di kasih kunyit yang bisa berubah jadi emas.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.