19 Pengawas TPS Di Kecamatan Karusen Janang Dibekali Pelatihan

oleh

BARITO TIMUR – Sedikitnya 19 orang Pengawas TPS se Kecamatan Karusen Janang, Kabupaten Barito Timur Akan Awasi Saat Pemungutan dan Penghitungan Suara 17 April 2019 mendatang.

Dalam keterangannya ketua Pengawas Pemilu (Pawaslu) Kecamatan Karusen Janang Tianus menerangkan tak lama lagi akan menerjunkan petugas pengawas saat berlangsung pemungutan dan penghitungan suara di tempat-tempat pemungutan suara (TPS)

Saat ini Pawaslu Kecamatan Karusen Janang sedang melakukan proses pelatihan untuk menyiapkan petugas pengawas sebelum mereka ditugaskan ke TPS-TPS.

Dijelaskan Tianus, kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya mengantisipasi keberlangsungan pemilu serentak yang bermartabat, jujur dan adil, Bawaslu Kabupaten Pati akan melibatkan petugasnya hingga ke tempat-tempat pemungutan suara (TPS).

“Jadi pada hari ini pengawas TPS kita bekali pelatihan pengawasan selama satu hari. Sehingga pada saat nanti masa pencoblosan mereka sudah siap,” kata Tianus, Kamis (11/04/2019) diaula Kantor kecamatan Karusen Janang.

Pelatihan bagi para pendaftar yang lolos seleksi, petugas pengawas TPS akan dibekali dengan hal-hal yang riskan, terutama pada saat pencoblosan dan penghitungan suara. Sehingga nantinya para Pengawas TPS harus mengawal dan mengawasi dengan ketat.

“Karena pada saat itu bisa terjadi yang tidak kita inginkan. Oleh karenanya Pengawas TPS itu harus selalu berada di tempat. Dan setiap ada kejadian-kejadian yang tidak sesuai dengan yang diharapkan bisa dilaporkan kepada Pengawas Pemilu Desa (PPD), kemudian naik Panwaslu Kecamatan, dan langsung ke Bawaslu Kabupaten Pati,” tuturnya. (RP/01)