484 Lembar Surat Suara Rusak Di Bakar KPU

oleh

Lamandau – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamandau melakukan pemusnahan surat suara rusak hasil pelipatan, pemusnahan surat suara rusak dengan cara dibakar disaksikan Bawaslu, Kepolisian, Kejaksaan dan Pemerintah Daerah, Senin (15/04/2019).

“Surat-suara Pemilu tahun 2019 kita terima, kitapun langsung melakukan pelipatan dan penyortiran. Kemudian, setelah proses pelipatan dan penyortiran selesai, ada sebanyak 484 lembar surat suara yang rusak dengan berbagai jenis kerusakan, mulai dari sobek, pemotongan kertas suara yang tidak presisi dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Ke 848 lembar surat suara yang rusak tersebut terdiri, surat-suara untuk DPD RI sebanyak 44 lembar, surat suara untuk DPR RI 139 lembar, surat suara untuk DPRD Provinsi Kalteng Dapil 3 sebanyak 74 lembar, surat suara presiden dan wakil presiden sebanyak 196 lembar, surat suara untuk DPRD Kabupaten Lamandau Dapil 1 sebanyak 11 lembar, surat suara DPRD Kabupaten Lamandau Dapil 2 sebanyak 12 lembar dan surat suara DPRD Kabupaten Lamandau Dapil 3 sebanyak 8 lembar.

Pendistribusian logistik pemilu ke masing-masing PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) juga serentak dilakukan sejak minggu kemarin , kecuali Kecamatan Bulik yang terdekat baru dilaksanakan hari ini (16/04/2019).

Pendistribusian 13 unit truck dan pickup berisi logostik ini di kawal langsung oleh tim dari bawaslu dan anggota polri ke 7 kecamatan. Selanjutnya untuk kecamatan bulik menggunakan 13 pickup. (RP/01)