Anggota Satlantas Kobar Sasar Perkantoran, Desa-desa Menyusul

oleh

KOTAWARINGIN BARAT – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Kobar terus lakukan pendidikan berlalu lintas kepada mahasiswa, pelajar dan masyarakat. Bahkan edukasi berlalu lintas itu akan dilakukan ke desa-desa.

Kasat Lantas Polres Kotawaringin Barat AKP Marsono didampingi Kaurmintu Aipda Eko Julianto pada Jumat (22/2/2019). Menurutnya, pendidikan yang dilakukan dengan cara memasuki Kampus, Sekolah dan Desa sambil memberikan pemahaman berlalu lintas.

Tak hanya elemen masyarakat saja, dilakukan juga pemahaman ke dinas-dinas terkait. Terbukti, anggota Satlantas memberikan pendidikan pada pegawai PDAM. “Ke desa juga kita masuki, bahkan ke dinas-dinas atau kantor-kantor. Itu semua agar edukasi dalam berlalu lintas dapat dipahami” kata Marsono.

Kegiatan tersebut selesai sekitar pukul 07.45 wib. Kegiatan itu, berlangsung dengan aman dan tertib. 

Dalam pendidikan berlalu lintas dimulai dari keluarga, berkendaraan yang baik. “Untuk masalah keluarga, kita kasih batasan berapa tahun untuk bisa naik sepeda motor. Terus kelengkapan, apa yang harus dipakai. Kita sering temukan anak-anak dibawah umur yang masih SD dan SMP sudah naik motor. Itu yang harus kita cegah, supaya tidak ada kecelakaan lalu lintas” katanya lagi.

Diakuinya, edukasi pendidikan lalu lintas itu sangat gampang, akan tetapi banyak masyarakat yang tidak memahami berlalu lintas yang baik. “Kita coba cara berkendara yang baik di depan mereka. Kalau di desa, kita ajak pemerintah desa untuk mengumpulkan masyarakat. Sehingga untuk Kobar angka kecelakaan seminim mungkin” timpal Marsono.

Kaurmintu Aipda eko mengatakan “dengan dilakukan sosialisasi ke desa-desa, masyarakat paham untuk kelengkapan surat ataupun identitas. “Kadang kalau kita gelar razia, terus kita tanya, datang dari kampung kok mati pajak ? dan mereka menjawab simpel, tidak tau pak dimana tempat perpanjangan pajak. Makanya kita terus lakukan sosialisasai” papar Eko.(RP/01)