Bupati Pulang Pisau Buka Bimtek Perpajakan Bumdes Se-Kabupaten Pulang Pisau

oleh

Pulang Pisau – Plt. Sekretaris Daeran (Sekda) Pulang Pisau Saripudin mewakili Bupati Pulpis H. Edy Pratowo membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpajakan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Se-Kabupaten Pulang Pisau di Aula Mess Pemda eks Kantor Bupati lama, Jalan Oberlin Metar, Kelurahan Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir.

Sebagai badan usaha atau bumdes, kata Saripudin dituntut untuk lebih memahami mengenai perpajakan karena pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta wajib pajak secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

” Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada KPP Pratama Palangkaraya yang sudah bersedia datang dan berkenan memberikan bimbingan teknis perpajakan bagi bumdes di Kabupaten Pulang Pisau,” kata Saripudin dalam sambutannya.

Saripudin mengucapkan tetimakasih kepada pihak KP2KP yang sudah turut bekerjasama dalam memajukan bumdes di Kabupaten Pulang Pisau. ” Kepada para peserta kegiatan bimtek perpajakan bumdes agar memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik mungkin sehingga nantinya mampu memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat desa,” pesannya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Pulang Pisau HM. Syaripul Pasaribu mengatakan, dilaksanakan Bimtek Perpajakan Bumdes ini, karena kurangnya pemahaman mengenai Kewajiban Perpajakan BUMDesa.

” Bumdes selaku Wajib Pajak Badan memiliki kewajiban untuk menyampaikan SPT Tahunan. Dan tujuan pelaksanaan untuk meningkatkan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) pengelola bumdes dalam hal perpajakan,” ujarnya menjelaskan.

Syaripul mengharapkan dengan kegiatan tersebut dapat mewujudkan bumdes yang taat pajak. Dan fungsi Pembinaan, Pemantauan dan evaluasi dari Pemerintah Daerah terhadap pengembangan manajemen dan SDM pengelola bumdes. (RP/01)