Bupati Pulang Pisau Hadiri Lokatih Pengembangan Bumdes DPG di Palangkaraya

oleh

PULANG PISAU – Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, menghadiri acara Lokalatih Pengembangan Bumdes Desa Peduli Gambut di Palangkaraya, Senin (25/3/2019). yang dilaksanakan oleh “Kemitraan Bagi Pembaruan Tata Pemerintahan” dimana telah diberi mandat sebagai mitra kerja Badan Restorasi Gambut dalam melaksanakan Program Desa Peduli Gambut (DPG) di 7 Provinsi sebagai target restorasi termasuk Kalimantan Tengah (Kalteng).

Bupati Edy memberikan apresiasi atas adanya Lokalatih yang melibatkan masyarakat desa di Kabupaten Pulang Pisau, “Upaya Penguatan kelembagaan ekonomi desa merupakan hal yang penting dalam memastikan terlaksananya kegiatan revitalisasi sosial ekonomi di desa DPG dalam konteks restorasi gambut,” ujarnya.

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang berada di desa peduli gambut menurutnya perlu diberdayakan agar mampu mengelola unit usaha yang produktif serta ramah terhadap perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut. “Penguatan tata kelola serta manajemen usaha Bumdes penting dilakukan,” ucapnya.

Edy Pratowo berharap dengan adanya Lokalatih ini, Bumdesa maupun Kelompok Usaha akan mampu yakni 1. Melakukan seleksi Pemilihan produk unggulan desa yang ramah gambut, 2. Desa sudah bisa menyusun rencana usaha BUMDes, 3. Memahami fungsi dan peran BUMDes sesuai Permendesa 4/2015 dan 4) Memberikan nilai tambah ekonomi untuk masyarakat. ( RP/02)