Antusias Warga Lamandau Untuk Mendapatkan C6 Sangat Tinggi

oleh

Lamandau – Pencoblosan tinggal dua hari lagi, masih banyak pemilih yang belum mendapatkan surat suara pemberitahuan memilih atau sering disebut formulir C6, terutama bagi yang tinggal di perkotaan. Ternyata banyak petugas yang mengaku kesulitan mencara nama dan alamat pemilih yang terdaftar dalam DPT.

Dengan itu, PPK kecamatan Bulik membuat inovasi dengan mendirikan posko di tengah kota yakni di simpang tiga jl batu batanggui. Posko ini dibuka untuk melayani warga yang belum menerima C6, untuk mengetahui apakah terdaftar dalam DPT dan dimana lokasi TPS nya.

“ini posko untuk cek data pemilih, karena kita mengantisipasi masyarakat yang tidak menerima C6 yang selama ini dianggap masyarakat sebagai undangan memilih, ” ungkap ketua PPK kecamatan Bulik,

Menurutnya banyak warga mengira bahwa membawa C6 itu wajib, padahal itu hanya sekedar surat pemberitahuan. Tetapi agar memudahkan masyarakat menemukan dimana TPSnya , bagi yang belum menerima C6 maka bisa memanfaatkan fasilitas pengecekan tersebut.

“posko ini buka sejak minggu kemarin dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam, dan senin dari jam 8 pagi sampai jam 8 malam. Besok selasa (16/04/2019) tidak buka lagi karena kami sudah harus menyiapkan TPS, ” ungkapnya.

Sejak ada Posko, antusias warga untuk datang ke posko sanggat tinggi , akibat belum menerima C6. Mereka hanya diharuskan membawa KTP untuk mengecek data pemilih melalui aplikasi yang tersedia. Hanya saja tidak semua merasa puas, karena banyak yang mengira akan mendapat C6 tetapi justru hanya diberi secarik kertas.

Terpisah ketua KPU Lamandau,Irwansyah juga menjelaskan bahwa pemilih tidak wajib membawa atau memiliki C6 untuk memilih. Yang terpenting adalah membawa KTP ke TPS.

“yang penting bawa KTP ke TPS, cek data kita di daftar DPT. Krena C6 itu cuma pemberitahuan saja, yang penting ada KTP. Dapat C6 tapi tidak ada KTP tidak dapat dilayani ,” tegasnya. (RP/01)