Disdik Pulang Pisau Akui Belum Mampu Akomodir Usulan Pihak Sekolah

oleh

PULANG PISAU – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Pulang Pisau Hj. Aminah mengakui, cukup banyak usulan dari Sekolah-Sekolah di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang meminta agar bangunan sekolahnya dapat segera di perbaiki atau di bangun kembali.

Namun menurutnya hal itu sudah di upayakan atau diperjuangkan oleh pihaknya, baik melalui musrenbang maupun usulan ke Pemerintah Pusat, hanya saja usulan itu belum dapat terakomodir sepenuhnya.

” Karena Dana APBD kita terbatas, dan selama dua tahun berturut-turut itu ada pembangunan Multiyear, maka tidak bisa maksimal, dan di tahun 2018 lalu itu ada MTQ dan Pilkada maka anggaran itu juga tersedot kesana,” bebernya menjelaskan.

Hj. Aminah mengakui usulan dari pihak sekolah sudah cukup banya di pihaknya, dan bahkan juga ada melalui hasil musrenbang, dan pihaknya pun juga sudah merekap hasil musrenbang, dan juga telah dimasukan di Bappedalitbang, namun, kata Aminah, karena anggaran yang terbatas maka hal itu tidak bisa terakomodir.

” Anggaran itu, karena ada yang lebih prioritas, jadi kita di Dinas Pendidikan belum bisa mengakomodir itu, dan hanya sebagian kecil saja, secara bertahap,” bebernya menjelaskan.

Lanjut Hj. Aminah, untuk mengakomodir semua usulan terkait pembangunan gedung sekolah atau rumah dinas guru itu, terkadang menurutnya hanya di bantu melalui Dana DAK, Dana Bansos maupun Dana Aspirasi DPRD.

Seperti dicontohkan pada tahun 2019 ini, pihaknya baru mendapat bantuan dari Pemerintah Pusat untuk 5 (lima) Sekolah Dasar (SD) yang akan dibantu pembangunannya untuk tiga Kecamatan yakni Kecamatan Maliku, Kecamatan Pandih Batu dan Kecamatan Jabiren Raya.

” Untuk lima Sekolah itu nantinya akan dibangun melalui Dinas PUPR, karena bantuan pusat itu kerjasama antara Kementrian Pendidikan dan Kementrian PU Pusat,” tutupnya. (RP/01)