DLH Sebut Kualitas Air Sungai Kahayan dan Sebangau Aman Dari Pencemaran

oleh

PULANG PISAU – Pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau menegaskan kualitas air di dua sungai, yakni Sungai Kahayan dan Sungai Sebangau di Kabupaten Pulang Pisau masih aman dan layak konsumsi.

Saat ini, beber Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pulang Pisau Wartony, pihaknya tengah melakukan pengecekan kualitas air di dua sungai itu, hal ini untuk melihat sejauh mana tingkat pencemaran air Kahayan dan Sebangau.

“Betul, kita sedang cek, kondisi apa yang terjadi disana, dan tingkat pencemarannya bagaimana. Intinya kita belum tahu, seperti apa tingkat pencemarannya saat ini. Dan yang jelas di dua sungai itu sejauh ini masih aman dan layak di konsumsi,” ujar Wartony menjelaskan.

Dijelaskan Wartony, untuk dua sungai itu merupakan jalur transportasi yang biasa digunakan masyarakat hingga sampai sekarang. Untuk sungai Sebangau itu menurutnya saat ini tidak ada yang langsung membuang ke sungai.

“Untuk itu kita melakukan kajian, dan mengecek lewat laboratorium, apakah sungai itu ada terjadi pencemaran atau tidak saat ini. Dan kita pun tidak mau menduga-duga sembarangan sebelum kita kaji secara ilmiah,” terangnya.

Dalam setiap tahun, kata Wartony, pihaknya selalu rutin mengambil sampel kualitas air. Dan bahkan ditahun ini ada sebanyak 4 kali pihaknya melakukan pengecekan dalam 1 tahun. ” Kita mengambil sampel kualitas air itu per triwulan, dan tahun ini staf kita sudah di lapangan untuk melakukan uji sampel, karena kita sudah tetapkan titik-titik kordinatnya,” ujar Wartony.

Lanjut Wartony, berdasarkan hasil uji pada tahun sebelumnya Sungai Kahayan dan Sungai Sebangau masih tergolong Cemar Ringan, dan belum melampaui ambang batas. ” Artinya untuk dikonsumsi air itu masih layak, dan yang jelas harus dilakukan fermentasi. Baik melakukan penyaringan dan lain sebagainya. Apa lagi Sungai Kahayan itu menjadi bahan baku untuk PDAM kita,” tandasnya. (RP/02)