Dua Desa di Kotawaringin Lama Mulai Banjir, Akses Jalan Ditutup

oleh

Kotawaringin Barat – Akibat debit air Sungai Lamandau meluap Desa Kondang, Desa Rungun, desa Lalang dan Kelurahan Hulu dan Kelurahan Hilir Kecamatan Kotawaringin lama mulai waspada.

Sampai saat ini akses jalan ke Desa Kondang dan Desa rungun tidak bisa dilewati karena jalan sudah digenangi air mencapai 90 cm. Kelihatan untuk Sekolah SD di Desa Rungun air tersebut mengalami ketigian mencapai 1 meter.

Mantan Kepala Desa Kondang A, Simanjutak saat dihubungi via telepon mengatakan, untuk sepeda motor dan mobil saat ini terputus akibar jalan sudah banjir. Dengan itu, warga berinisiatif dengan melakukan sewa jasa klotok untuk menyeberangkan sepeda motor, Sabtu (04/05/2019).

“jalan sudah ditutupi banjir. Sudah mencapai 80 cm. mudah mudahan surut” katanya.

Untuk Desa Rungun warga menggunakan jasa penyebrangan getek/kelotok dengan tarif Rp 20.000-30.000.

Fasilitas Umum yg terendam yaitu SDN 1 Rungun, dengan tinggi air kurang lebih 90 cm. Ada empat Rumah terendam banjir mencapai 20 cm. rumah yang digenangi air yaitu milik Nanang RT 01, Jasli RT 02, Bisu RT 08, Rosima RT 08.

Kapolsek Kotawaringin Lama Iptu Muhammad Nasir saat dikonfirmasi mengatakan pihanya sudah melakukan monitor ke desa desa yang rawan banjir. “masih kita cek. Untuk warga pinggiran sungai diminta waspada karena debit air sudah naik” ucap Nasir Singkat. (RP/01)