Hasilkan Prakiraan Akurat, BMKG Gelar Sekolah Lapang Iklim

oleh

PALANGKA RAYA – Guna menghasilkan prakiraan yang akurat dan tepat, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Palangka Raya menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) bagi penyuluh lapangan, Jumat (5/4/2019).

Kepala BMKG Palangka Raya Catur Winarti mengatakan peserta SLI akan diberika materi terkait peningkatan pemahaman data yang akurat. Sehingga mampu memberikan data yang berkelanjutan bagi BMKG guna prakiraan yang berkualitas dan berkelanjutan.

“SLI merupakan program yang dilaksanakan BMKG di seluruh provinsi. Kegiatan ini disuport oleh berbagai mitra BMKG, seperti Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum dan lainnya,” ucapnya.

Dijelaskan, peserta SLI dilakukan bergiliran. Kini BMKG berfokuskan pada penyuluh lapangan sebagai mitra. Setidaknya ada enam kabupaten yang ikut serta, seperti Sukamara, Seruyan, Lamandau dan sekitarnya.

Sedangkan anggota Komisi V DPR RI Rahmat Nasution Hamka menerangkan dengan adanya SLI ini nantinya penyuluh lapangan mampu menghasilkan data yang akurat guna menghasilkan prakiraan yang tepat.

“SLI mampu meningkatkan kapasitas SDM agar mampu menyuplai data. Sehingga bukan hanya melihat dari hilir, melainkan hulu juga dan menghasilkan prakiraan yang akurat untuk BMKG,” harapnya.(RP/02)