Kapuas Dapat Buangan Limbah Sawit Dari PBS di Kalsel

oleh

KAPUAS – Kapuas dapat buangan limbah sawit dari Perusahaan Besar Swasta (PBS). PT. Agri Bumi Sentosa diduga membuang limbah kepala sawit yang telah mencemari air pada kanal yang mengairi pertanian di dua kecamatan Pulau Petak dan Kapuas Hilir Kabupaten Kapuas Kalteng.

Setelah mendapat laporan masyarakat, Legislator Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Lawin mengatakan, PT Agri Bumi Sentosa yang berada di wilayah Barito Kuala Kalimantan Selatan (Kalsel), diduga membuang limbah kelapa sawit yang telah mencemari

air pada kanal yang mengaliri lahan pertanian di dua Kecamatan Pulau Petak dan Kapuas Hilir diantaranya Sei Tatas Hilir, Lagon Dalam dan Saka Batur. 

“Seharusnya Camat Pulau Petak segera membuat surat kepada perusahaan untuk mengurus dokumen Analisis Dampak Lingkungan (Amdal) di Kabupaten Kapuas walau pun berada di wilayah Kalsel” terangnya.

Lanjut Lawin, seharusnya Dinas Lingkungan Hidup turun mengambil sampel air yang sudah mencemari air di wilayah setempat. Berdasarkan musrenbang Kecamatan, warga meminta agar kanal tersebut segera ditutup, karena air yang digunakan untuk mengaliri sawah sudah tercemar akibat limbah perkebunan sawit PT ABS. 

“DLH segera melakukan koordinasi dengan perusahaan untuk mengurus AMDAL, sebab ini salah satu potensi Pendapatan Asli Daerah bagi Kabupaten Kapuas” tukasnya.

Dia berharap, ini juga menjadi perhatian DPRD Batola, karena pencemaran ini sudah merusak lahan pertanian di Kabupaten Kapuas dan menjadi perhatian rekan-rekan DPRD Batola, terkait limbah PT.ABS” pungkasnya. (RP/02)