Bersama Pihak Kepolisian Pemda Kapuas Cek Hewan Ternak Cegah Virus PMK

oleh
Pengecekan Dan Monitoring Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Pada Sapi oleh Pemda Kapuas Melalui Dinas Pertanian Didampingi Jajaran Polres Kapuas.

Kapuas, Borneo24.com Bertempat di Peternakan Sapi Milik H. Birin Jalan Barito Kelurahan Selat Hulu Kabupaten Kapuas, telah dilaksanakan Pengecekan Dan Monitoring Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi oleh Pemda Kapuas melalui dinas pertanian.

Dalam pengecekan tersebut pihak dinas pertanian didampingi oleh jajaran Polres Kapuas,yang dipimpin langsung oleh Kapolres Kapuas AKBP Qori Wicaksono, serta Plt. Kadis Peternakan, Tim Tenaga Teknis dari Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian.

Kepala dinas pertanian Yayah mengatakan, dari hasil pengecekan dan pemeriksaan di peternakan milik H. Birin tidak ditemukan adanya ciri-ciri ternak sapi tersebut menderita Penyakit Mulut dan Kuku sehingga aman dikonsumsi oleh masyarakat Kabupaten Kapuas. Adapun sapi yang diperiksa sebanyak 22 ekor sapi.

“Dalam kesempatan tersebut, saya menyampaikan, agar semua para kelompok ternak sapi memperhatikan kebersihan kandang dan hewan sapinya. Perhatikan juga masalah rumput pakan sapi tentunya harus rumput pilihan sesuai anjuran dari Dinas Peternakan dan cek sentrat pengemuk hewan sapi yaitu masa berlakunya,” katanya.

Ditempat yang sama, Kapolres menyampaikan, bila terdapat sapi ternak yang sakit segera hubungi PPL (penyuluh pertanian lapangan) dari peternakan atau Dokter hewan sehingga sapi yang sakit tersebut dapat segera diobati.

“Selama dilakukan pemeriksaan, alhamdulillah tidak ditemukan hewan sapi maupun hewan lainnya yang terserang PMK dan kegiatan berlangsung hingga berakhirnya dengan aman dan kondusif. Dan besar harapan saya wabah ini tidak sampai menular ke Provinsi Kalteng khususnya Kabupaten Kapuas,”tutupnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.