Kepala BPBD Kapuas Ajak Warga Waspada Kebakaran Hutan dan Pemungkiman

oleh
Kepala BPBD Kapuas Panahatan Sinaga.

Kapuas, Borneo24.com – Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas tidak hentinya mengingatkan kepada masyarakat, agar waspada dan antisipasi terhadap kebakaran, baik pemukiman maupun Kebakaran Hutan serta Lahan (Karhutla). Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga.

“Kita meminta dan mengingatkan kepada masyarakat, agar lebih waspada, agar tidak terjadi kebakaran,” ucap Panahatan Sinaga.

Sinaga menambahkan, kondisi saat Ini dengan cuaca panas, dan angin maka dikhawatirkan terjadi kebakaran, sehingga langkah bersama untuk mengantisipasi sejak dini. Dirinya mencontohkan untuk di pemukiman, sebelum meninggalkan rumah atau tidur, sebaiknya semua diperiksa dahulu, agar tidak kebakaran.

“Listrik dan kompor biasanya rentan, jadi harus benar dicek,” jelasnya.

Sedangkan terkait Karhutla, Sinaga mengakui peranan semua lapisan masyarakat dibutuhkan dan utama tidak membakar lahan serta hutan, selain itu hati-hati puntung rokok yang juga bisa sebabkan Karhutla.

“Karhutla kita terus sosialisasi hingga ke desa, bahkan ada tim serbu api di desa dan kecamatan, serta kabupaten yang akan memantau Karhutla,” bebernya.

Sinaga berharap musibah kebakaran pemukiman khususnya, juga Kahutla umumnya di Kabupaten Kapuas dapat dicegah, dan ditekan, karena dampaknya sangat buruk bagi semua.

“Kita awasi dan kalau ada Karhutla segera laporan, agar ditindaklanjuti,” tutupnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.