Kok ..95 orang aja yang laporkan kekayaan ke KPK, yang lain kok gak mau?

oleh

PULANG PISAU – Penyampaian LHKPN secara Online dan mandiri melalui Aplikasi E-LHKPN sudah digunakan secara resmi dari tahun 2018 lalu dan di akses melalui Website resmi KPK. Namun dari 115 Pejabat Pulpis yang wajib LHKPN, hanya 95 orang yang telah menyampaikan laporan tersebut ke KPK.

Hal ini disampaikan oleh Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Pulang Pisau Saripudin, Senin (25/2/2019) dalam sambutan Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo pada asistensi penggunaan aplikasi E-LHKPN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, di Aula Bappedalitbang Pulang Pisau, Jalan WA. Duha, Kecamatan Kahayan Hilir.

Terkait Asistensi itu, kata Saripudin, Bupati Pulpis mengapresiasi positif kepada pejabat yang telah bersedia melaporkan harta kekayaannya pada tahun anggaran 2018, dimana pada tingkat kepatuhan penyampaian LHKPN di tingkat Kabupaten Pulang Pisau sebesar 82,61 persen atau 95 orang dari 115 orang wajib lapor LHKPN.

Selanjutnya, kata Saripudin, sebagai bahan evaluasi tingkat kepatuhan Penyelenggara Negara di Kabupaten Pulang Pisau, ia meminta kepada Kepala Bagian (Kabag) Organisasi dapat menyampaikan secara berkala, kepada Bupati Pulang Pisau melalui Sekretaris Daerah untuk penyelenggara negara yang telah menyampaikan laporan harta kekayaannya sampai dengan batas waktu 31 Maret 2019.

Adapun penyelenggaran negara dilingkungan pemerintah kabupaten pulang pisau yang diwajibkan menyampaikan LHKPN sebagaimana tertuang dalam Peraturan Bupati Pulang Pisau Nomor 18 Tahun 2018 tentang laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) di lingkungan pemerintah Kabupaten Pulang Pisau, yakni Bupati, Wakil Bupati, Pejabat Struktural Eselon II, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Camat, Pejabat Fungsional Auditor, Pejabat Fungsional Pengawas Penyelenggara Urusan Pemerintah di Daerah, Pengelola Unit Layanan Pengadaan (ULP), Pejabat yang mengeluarkan Perizinan, Direksi Perusahaan Daerah, Direktur RSUD dan Penyelenggara Negara Tertentu Atas Pemintaan KPK. (RP/01)