BMKG Kobar Himbau Masyarakat Agar Tetap Waspada Cuaca Esktrem

oleh
Prakiraan cuaca di Kotawaringin Barat Rabu 26 Mei hingga Kamis 27 Mei 2021.

Kotawaringin Barat, Borneo24.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kotawaringin Barat menyampaikan kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati karena bulan ini sudah memasuki musim penghujan.

Musim penghujan tersebut terjadi karena adanya belokan angin dan konvergensi yang mempengaruhi kondisi hujan terutama di wilayah Kalimantan Tengah.

Istilah tersebut dikatakan dengan Madden-Julian Oscillation atau sering disebut MJO yang merupakan gangguan tropis yang merambat ke arah timur sepanjang daerah tropis dengan siklus MJO 30 hingga 60 hari.

Aqil Ihsan, selaku Kepala Stasiun Meteorologi Iskandar Kotawaringin Barat, menjelaskan bahwa MJO dapat
memberikan dampak yang luas terhadap pola hujan di wilayah tropis dan sekitarnya, sirkulasi atmosfer dan suhu permukaan di sekitar tropis dan subtropis.

Maka dari itu Aqil Ihsan, menghimbau masyarakat agar untuk selalu berhati-hati hujan sering lebat dan terjadi siang hingga sore hari.

“Sehingga mengakibatkan kondisi jalan licin dan tergenang air yang meluap, kemudian petir di lapangan terbuka serta potensi angin kencang,” tutur Aqil Ihsan saat dihubungi oleh Borneo24.com. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.