Pengelapan dan Pencurian Dominasi Kejahatan di Kotim

oleh
Kapolres Kotim AKBP Sarpani tengah memimpin rapat pimpinan di meeting room Mapolres setempat.

Kotawaringin Timur, Borneo24.com Semester pertama tahun 2022 ini Polres Kotawaringin Timur (Kotim) telah menangani sebanyak 67 perkara. Paling mendominasi diantaranya, kasus penggelapan sebanyak 16 perkara dan Kedua kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) 15 perkara.

Angka tindak pidana yang ditangani tersebut diakui Kapolres Kotim AKBP Sarpani mengalami penurunan, yakni sebanyak 67 perkara. Sedangkan pada tahun 2021 di semester pertama sudah sebanyak 103 Perkara.

“Angka kriminal bulan Januari sampai Juni 2021 sebanyak 103 perkara, menurun. Pada bulan Januari – Juni 2022 sebanyak 67 perkara,” ungkap Kapolres di Sampit, Sabtu (2/7/2022).

Tindak pidana yang mendominasi lanjut Sarpani yakni Untuk itu dalam kasus tindakan kriminalitas yakni kasus penggelapan sebanyak 16 perkara. Kedua kasus pencurian dengan pemberatan (Curat) 15 perkara.

Orang nomor satu di Polres Kotim itu menjelaskan, dari puluhan kasus yang ditangani tidak ada pelaku yang di bawah umur. Rata-rata pelakunya di atas 17 tahun, bisa diproses secara hukum.

“Untuk tahun 2022 ini dalam penanganan kasus belum ada tersangka anak-anak di bawah umur,” tambahnya.

Selain memberikan tindakan tegas terhadap para pelaku tindak kriminal, aparat Polres Kotim berupaya melakukan pencegahan dengan langkah-langkah preventif, preemtif dan represif, supaya angka kriminalitas di Kotim menurun.

“Upaya dari Polres Kotim sendiri yaitu meningkatkan patroli dan melaksanakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan di waktu dan tempat yang rawan terjadinya kejahatan ataupun tindak kriminalitas,” tandas Kapolres.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.