KPU Kotim Sasar Pemilih Penyandang Disabilitas

oleh

SAMPIT – Sebanyak 361 penyadang Disabilitas di Kotawaringin Timur, masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019. Kesulitan akses dan mobilitas menjadi kendala bagi penyandang Disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya, (13/03/2019).

Hal tersebut akan mempengaruhi partisipasi mereka dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu serentak 17 April mendatang. Untuk itu  KPU Kotawaringin Timur merekrut sejumlah penyandang Disabilitas untuk mejadi relawan demokrasi. Para relawan  tersebut bertugas untuk menyosialisasikan Pemilu 2019  kepada para penyandang Disabilitas lainnya.

“Ada 10 basis Relawan Demokrasi atau Relasi, salah satunya adalah basis disabilitas. Harapan kami, dengan adanya sosialisasi kepada penyandang disabilitas, mereka tidak kehilangan hak pilihnya saat pencoblosan nanti” ujar Ketua KPU Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih.

KPU Kotawaringin Timur sendiri telah menyiapkan sejumlah peralatan bagi para penyandang Disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya. Para penyandang Disabilitas tersebut terbagi dalam lima kategori pemilih, yaitu tuna daksa, tuna rungu, tuna netra, tuna wicara dan tuna grahita. (RP/02)