Desa Harus Mandiri Kelola Anggaran dan Tingkatkan Pendapatan

oleh
Bupati Lamandau Hendra Lesmana Memberikan Potongan Nasi Tumpeng Kepada Kepala Desa Mukti Manunggal Jaya, Kecamatan Lamandau Saat Peringatan Hari Jadi Desa Setempat.

Lamandau, Borneo24.com Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau mendorong agar desa-desa yang ada di wilayah setempat bisa semakin mandiri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengatakan, desa harus mampu meningkatkan pengelolaan anggaran yang dimiliki, untuk lebih mandiri guna menopang ekonomi dan pendapatan desa.

“Hingga pada akhirnya berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa,” katanya di Nanga Bulik, Minggu (19/6/2022).

la mengatakan, tentu pemkab juga terus berupaya melaksanakan pembangunan secara merata hingga wilayah pedesaan, melalui berbagai program dan kegiatan yang rutin dilaksanakan.

Namun demikian, desa tetap didorong untuk mandiri sehingga laju perkembangannya bisa semakin dipacu, seperti dengan pengelolaan berbagai potensi desa untuk menghasilkan pendapatan.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengoptimalkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang dapat mengembangkan usaha pada berbagai sektor, menyesuaikan kebutuhan dan potensi wilayah setempat.

“Kami mendorong agar pemerintah desa bersama masyarakat terus berinovasi, salah satunya dalam memacu perkembangan ekonomi daerah,” terangnya.

Selama ini, berbagai upaya telah dilaksanakan pemkab dalam menyokong perkembangan desa di Lamandau, baik melalui pembangunan infrastruktur, kesehatan, pendidikan, serta lainnya. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.