Dinkes Diminta Dampingi Pelaku UMKM

oleh
Bupati Lamandau Hendra Lesmana memberikan arahan saat melakukan kunjungan kerja di Desa Kina, Kecamatan Batang Kawa.

Lamandau, Borneo24.com Sebagai upaya pemulihan perekonomian di kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta Dinas Kesehatan membantu sekaligus mendampingi para pelaku usaha industri rumah tangga di wilayah setempat.

Hendra menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan setempat memfasilitasi penerbitan sertifikat produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), salah satunya terhadap produk olahan jahe instan di Desa Kina, Kecamatan Batang Kawa.

“Sertifikat tersebut untuk menjaga keamanan dan kesehatan produk, serta sebagai jaminan keamanan pangan yang diolah,” ujar Bupati Hendra di Nanga Bulik, Rabu (29/6/2022).

Saat ini, kata Bupati, Desa Kina telah membentuk Kelompok Tani Nyunyu Ruan untuk mengembangkan jahe instan olahan. Namun, dalam perjalanannya anggota kelompok tani masih terganjal dengan sejumlah persoalan.

“Selain terkait legalitas, mereka masih kesulitan menghitung secara rinci harga pokok produksinya,” beber Bupati.

Menurut orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Bahaum Bakuba itu, apabila harga pokok dimaksud sudah diketahui, maka para petani akan lebih mudah dalam menentukan harga produk.

“Paling tidak harga produk yang akan dijual sudah diperhitungkan secara cermat antara laba dan rugi yang bakal muncul dari penjualan yang dilakukan,” ungkapnya.

Salah satu tujuannya, imbuh Bupati, adalah untuk meningkatkan daya saing, sehingga saat dipasarkan mampu bersaing dengan produk yang berasal dari daerah lain. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.