Kapolres Baru Disambut Pedang Pora dan Ritual Adat

oleh
Kapolres Baru AKBP Bronto Budiyono disambut prosesi pedang pora saat hendak memasuki Mapolres setempat.

Lamandau, Borneo24.com Berbeda seperti hari biasa, suasana di Mapolres Lamandau, Jumat (1/7/2022), tampak meriah. Di pintu gerbang juga terlihat pintu Kotamara yang biasanya digunakan dalam prosesi penyambutan tamu agung.

Barisan perwira Polres Lamandau juga telah bersiap untuk menyambut sesuatu. Rupanya hari itu digelar prosesi pisah sambut Kapolres Lamandau yang sebelumnya dijabat oleh AKBP Arif Budi Purnomo kepada pejabat baru AKBP Bronto Budiyono.

Sesaat setelah kedatangan kapolres baru ke halaman Mapolres Lamandau, segera disambut dengan prosesi tarian tradisional dan potong pantan. Rangkaian ritual yang digelar merupakan sambutan kepada pejabat baru.

Selanjutnya kapolres baru, kembali harus melewati Pedang Pora khas Polri. Tradisi ini lumrah dalam pergantian pejabat di TNI dan Polri. AKBP Bronto Budiyono berjalan melintasi pedang yang dilintangkan dengan taburan bunga dari anggota Bhayangkari.

Diketahui, Kapolres Lamandau yang baru, AKBP Bronto Budiyono, sebelumnya berdinas di Divhumas Mabes Polri menjabat sebagai Kasubbag Penerangan, dan AKBP Arif Budi Purnomo, akan melaksanakan tugas di Mabes Polri sebagai Kanit Resmob Bareskrim.

Pada acara tersebut, Pejabat Lama AKBP Arif Budi Purnomo menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Polres setempat. Ia menilai mereka telah bekerja keras mendukung kepemimpinannya selama menjabat

“Sudah banyak prestasi yang telah dicapai, semoga kedepan semakin lebih baik lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Bronto Budiyono mengaku siap menjalankan tugas sebagai Kapolres Lamandau dan akan melanjutkan program-program yang telah dijalankan oleh Kapolres sebelumnya.

“Kami akan melanjutkan program prioritas abang (AKBP Arif Budi) agar Polres Lamandau lebih dikenal prestasinya yang positif,” pungkasnya.(***)

No More Posts Available.

No more pages to load.