Pentingnya Pengawasan Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan

oleh
Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto saat menghadiri sidang paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Lamandau.

Lamandau, Borneo24.com Wakil Bupati Lamandau Riko Porwanto menyebut pengawasan merupakan salah satu instrumen penting dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan akuntable.

“Pengawasan merupakan upaya preventif guna mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN),” kata Wabub Riko di Nanga Bulik, Jumat 8 Juli 2022.

Untuk itu baru-baru ini, pemkab juga telah melaksanakan gelar pengawasan anggaran Kabupaten Lamandau tahun anggaran 2022, serta tindak lanjut hasil pemeriksaan.

Lebih lanjut Riko menjelaskan, pengawasan dapat dimaknai sebagai upaya membangun pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

Adanya pengawasan, maka akan meningkatkan rasa tanggung jawab dari aparatur yang memiliki tugas dan kewenangan dalam pelaksanaan suatu pekerjaan.
“Pengawasan merupakan suatu proses guna memastikan apakah pelaksanaan suatu kegiatan atau pekerjaan berjalan sebagaimana mestinya,” tuturnya.

Ia pun menegaskan, agar pemerintahan berjalan secara efektif dan efisien sesuai rencana kerja maupun ketentuan peraturan Perundang-Undangan, maka tak bisa dipisahkan dari kegiatan pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Wabub menambahkan, juga sebagai upaya mencegah terjadinya kelalaian, kelemahan maupun penyimpangan agar tidak terjadi kerugian serta hal lain yang tidak diinginkan. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.