Madrasah Mampu Berinovasi, dan Perlu Dukungan Masyarakat

oleh

PULANG PISAU – Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, menghadiri Milad ke 10 MIN 1 Pulang Pisau, MTsN 1 Pulang Pisau, dan MAN 1 Pulang Pisau mengatakan, meski berusia 10 Tahun terhitung sejak alih status, namun beragam prestasi yang berhasil di raih oleh MIN 1 Pulang Pisau, MTsN 1 Pulang Psisau dan MAN 1 Pulang Pisau memberikan kebanggaan tersendiri.

” Ketiga Madrasah telah membuktikan mampu bersaing dengan Sekolah Umum dari sisi prestasi Akademik maupun non Akademik,” ujar Edy Pratowo saat memberikan sambutan pada acara tersebut di Masjid Agung Ar-Raudhah.

Edy Pratowo mengharapkan melalui momentum yang berbahagia tersebut, ia meminta agar Madrasah senantiasa melakukan Inovasi dalam pengelolaan lembaga Madrasah. ” Saya mengharapkan Madrasah bisa bersinergi dengan sekolah umum lainnya untuk saling bekerjasama untuk membentuk Generasi muda yang beriman, berakhlak dan bertaqwa kepada Allah SWT sekaligus menguasai Ilmu pengetahuan dan teknologi,” ujar Edy dihadapan para tamu undangan yang hadir.

Milad ke 10 ini, sambung Edy, apabila melihat sejarahnya, kelahiran ketiga Madrasah itu berawal dari proses Alih status dari Madrasah Swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Nurul Iman Pulang Pisau.

Kebersamaan peringatan Milad ini, ujar Edy menjelaskan, yang di tunjukan ketiga Madrasah tentu bukan alasan. Kebersamaan itu yang ia yakini sebagai bentuk komitmen seluruh Madrasah untuk memajukan dunia Pendidikan di Kabupaten Pulang Pisau, ” Apa lagi ketiga Madrasah berasal dari Yayasan yang sama dan di Negerikan pada Tahun yang sama,” bebernya menjelaskan.

Tantangan di era atau zaman sekarang ini, sambung Edy, tentu harus di jawab oleh keluarga besar MIN 1 Pulpis, MTsN 1 Pulpis, dan MAN 1 Pulpis. Seluruh warga Madrasah terlibat bersama-sama untuk memajukan Madrasah, membentuk Madrasah sebagai lembaga pendidikan terdepan dalam menciptakan generasi muda harapan bangsa, generasi muda yang akan meneruskan pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau.

” Tidak hanya guru dan Kepala Sekolah yang bertanggung jawab untuk memajukan Madrasah, siswa dan orang tua siswa juga memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kualitas Madrasah,” ujar Edy mengharapkan.

Lanjut Edy, Pemerintah Daerah sangat mendorong dan mendukung seluruh Program-Program Madrasah agar menjadi lembaga pendidikan yang menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kabupaten Pulang Pisau. ” Hubungan baik antara Madrasah Pemerintah Daerah, masyarakat dan berbagai unsur terkait harus terus di jaga dan ditingkatkan,” tandasnya. (RP/02)