Manggala Agni Giatkan Patroli Cegah Kebakaran Hutan Dan Lahan

oleh

Kotawaringin Barat, Borneo24.com – Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Kalimantan (BPPIKHL Wilayah Kalimantan) melalui Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) PangkalanBun melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama TNI, Polri dan Masyarakat Peduli Api (MPA), yang tergabung dalam tim satgas Patroli Terpadu, Rabu (24/07/2019).

Memasuki musim kemarau, pemerintah mulai mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan, salah satu tindakan antisipasinya melakukan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat tentang kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Regu Manggala Agni, S.Heri Budianto mengatakan “Selain melakukan sosialisasi pencegahan Karhutla kepada masyarakat, tim juga melaksanakan Patroli ke Desa-Desa untuk memantau wilayah areal rawan kejadian kebakaran hutan dan lahan. Kita sampaikan kepada masyarakat tentang efek, bahaya dan dampak dari Karhutla juga tentang sanksi dan pidana bagi pelaku”, Ujarnya

Heri menambahkan,tim patroli juga melakukan penandaan di areal lokasi rawan, pengumpulan data dan informasi dilokasi rawan, memetakan lokasi baik fisik maupun permasalahan yang ada di desa.

Sementara Kepala Manggala Agni Daops PangkalanBun Binsar Oktavianus Togatorop menyampaikan, Peran serta masyarakat sangatlah perlu dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, terutama di desa rawan terjadinya kebakaran.

“Manggala Agni dengan instansi terkait akan terus melakukan kampanye pencegahan karhutla. Bentuknya bisa melalui anjangsana dalam kegiatan patroli maupun dalam acara dan kegiatan kemasyarakatan yang ada” Ujarnya.