Pemprov Kalteng dan KKP Merevitalisasi dan Modelling Tambak Udang

oleh
Illustrasi.

Kalimantan Tengah, Borneo24.com Dalam rangka mensinergiskan kegiatan revitalisasi dan modelling tambak udang di Kalteng, Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) melakukan kunjungan ke Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng

Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi sinergisitas program terobosan Pemprov Kalteng dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diantaranya pada sektor perikanan budidaya yaitu pengembangan perikanan budidaya laut, pesisir, dan tawar.

Pada kesempatan ini, Supito mengungkapkan bahwa dirinya beserta tim akan melakukan kunjungan ke lapangan dalam rangka mengaktifkan tambak rakyat atau tambak tradisional yang akan direvitalisasi dan akan menjadi model tambak di wilayah Kalteng.

Kepala Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara Supito menyampaikan Sebagai tindak lanjut kunjungan ini nantinya juga akan dilaksanakan pelatihan atau sekolah lapangan bagi para petambak udang di wilayah kabupaten pesisir Kalteng yang akan menjadi model tambak udang.

 “Kunjungan lapangan ini juga nantinya sebagai langkah awal untuk mendata pemberian bantuan satu juta ekor benur udang bagi pembudidaya udang di Kalteng sehingga kami sangat mengharapkan kerja sama dari Dislutkan Provinsi Kalteng untuk mempersiapkan lokasi penampungan benur udang sebelum dikirim ke pembudidaya di Kalteng,” terang Sucipto.

Sementara itu, Darliansjah menyambut baik kunjungan Kepala BBPBAP Jepara ini. Menurutnya, program strategi unggulan Dislutkan Prov. Kalteng antara lain revitalisasi dan modelling tambak sudah mulai dilaksanakan dan bersinergi dengan KKP.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng Darliansjah juga mengatakan Dislutkan Provinsi Kalteng melalui UPT yang ada di Kumai siap bekerja sama dalam menyediakan sarana penampungan bantuan benur udang sebanyak satu juta ekor dari BBPBAP Jepara dan akan segera melakukan pendataan pembudidaya yang memang eksis dan siap melakukan usaha budidaya secara mandiri untuk diikutkan pada program sekolah lapangan atau pelatihan petambak udang yang dilaksanakan oleh BBPBAP Jepara.

Setelah berkoordinasi dengan pihak Dislutkan Prov. Kalteng, Kepala BBPBAP beserta tim hari ini langsung melakukan kunjungan lapangan ke Kabupaten Katingan, yaitu ke Desa Teluk Baning Kecamatan Pagatan untuk melakukan survei potensi modelling tambak udang kerja sama Pemprov Kalteng dengan KKP, antara lain pengecekan ketersediaan lahan minimal 100 hektar, lahan secara administratif milik Provinsi/Kabupaten/Kota, dan lahan secara teknis dapat digunakan untuk pertambakan. Dalam kunjungan ini tim BBPBAP didampingi oleh Kabid. Budlahsar Sugeng Kaspani. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.