PLN Gandeng Pemkab Kapuas Sinkronisasi Data Desa Belum Teraliri Listrik

oleh

KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Provinsi Kalteng melaksanakan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Desa Belum Berlistrik, bertempat di Aula Kantor Bupati, Rabu (6/3/2019).

Rapat Koordinasi Sinkronisasi Data Desa Belum Berlistrik dilakukan untuk menanggapi permasalahan tentang adanya desa yang sudah memiliki jaringan listrik PLN pada spot tertentu tapi tidak terjangkau oleh jaringan listrik PLN.

Perlunya sinkronisasi data desa untuk mengetahui berapa jumlah desa yang belum teraliri listrik, maka pihak PLN Persero melakukan kordinasi sebagai upaya menghimpun dan mensinkronisasikan data desa tidak berlistrik yang belum tercover dalam roadmap PLN hingga tahun 2021.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Kapuas H M Nafiah Ibnor dalam rapat koordinasi mengharapkan para Kepala Desa dan Camat dapat memberikan informasi mengenai kondisi infrastruktur di desa agar memudahkan PLN untuk membangun jaringan listrik maupun dalam distribusi listrik tenaga surya.

“Seluruh warga Kabupaten Kapuas baik di kota maupun di desa memiliki keperluan yang sama terhadap listrik, bagi desa yang belum mendapatkan layanan listrik agar menyampaikan informasi yang diminta oleh pihak PLN pada kesempatan ini” terangnya.

Ditempat yang sama, Kepala UP2K Provinsi Kalteng Teguh Aang H mengatakan, dalam kurun waktu 2017-2018 PLN telah membangun jaringan listrik di 13 desa yang belum berlistrik yang tersebar di Kecamatan Mantangai, Dadahup, dan Kapuas Murung.

Pada tahun 2019 ini direncanakan membangun jaringan untuk tujuh desa yaitu Bamban Raya, Hurung Pukung, Penda Muntei, Kota Baru, Kayu Bulan, Masaran, dan Suka Mukti A9.

“Progres pembangunan jaringan di tahun 2019 ini mengalami kendala cuaca dan akses jalan, hingga saat ini baru satu desa yaitu Hurung Pukung yang telah progress 100 persen dan enam desa lainnya berkisar 22 sampai 67 persen,” jelas Teguh.

Dalam kesempatan juga terungkap bahwa ada desa yang belum memiliki jaringan listrik diantaranya, Desa Supang, Masaha, Lawang Kemeloh, Rahung Bungai, Petak Puti, Danau Rawah, Tangiran dan Baronang 1.

Sementara itu Kepala Bagian Administrasi SDA Setda Kapuas Apollonia menjelaskan, Kabupaten Kapuas diberi kesempatan memperoleh listrik tenaga surya hemat energi. Jika ada desa yang masih belum mendapat jaringan listrik agar bisa mengusulkan ke PLN. (RP/02)