Polres Gelar Simulasi Sispam Kota di Depan Kantor Bawaslu Pulang Pisau

oleh

PULANG PISAU – Dalam rangka pelaksanaan tahapan Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) secara serentak ditahun 2019 ini. Polres Pulang Pisau melaksanakan Simulasi Sistem Pengamanan (Sispam) Kota di Jalan Tingang Menteng, di depan Kantor Bawaslu Pulang Pisau pukul 08.00 sampai 10.30 WIB, Rabu (13/3/2019).

Kegiatan Simulasi itu, dihadiri Ketua DPRD Pulpis H. Maruadi, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kabupaten Pulang Pisau Agung Nugroho, Asisten I Setda Pulang Pisau Susilo I Tamin, Ketua KPU Pulang Pulpis Yuliana, Ketua Bawaslu Pulpis Ubeng Itun, Perwakilan Kejari Pulpis, TNI dan Kabid Humas Polda Kalteng.

Kapolres Pulang Pisau AKBP Siswo Yuwono Bima Putra Mada mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini dalam rangka antisipasi saat pelaksanaan pemilu dimulai pada bulan april 2019.

“Intinya sejauh ini tidak ada kerawanan, apa lagi kriminalitas berkaitan dengan Pemilu Serentak 2019 sampai hari ini, namun yang kita anggap rawan ini secara geografis untuk menuju TKP kita harus menggunakan transportasi air, sehingga perlu kegiatan khusus, seperti yang kita simulasikan barusan tadi” beber Siswo usai kegiatan Simulasi Sispam Kota.

Dikatakan Siswo, untuk pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada bulan April 2019 nanti, ia akan mengerahkan seluruh Anggota dari Polres Pulang Pisau serta dukungan dari Polda Kalimantan Tengah yakni Satuan Brimob.

Selain antisipasi dan pengamanan Pemilu Serentak 2019 di Wilayah Kabupaten Pulang Pisau, pihaknya juga mengantisipasi adanya konflik di Media Sosial, yakni dengan mengerahkan Tim Ciber Patrol.

“Tim ini selalu melakukan patroli di media sosial, apabila memang ada postingan yang sifatnya Hoaks atau menebar ujaran kebencian maka kami akan melakukan langkah-langkah” tegas Siswo sembari memberikan himbauan.

Lebih lanjut Siswo menegaskan, sudah ada beberapa contoh yang pihaknya lakukan terkait penangkapan para pelaku penyebar ujaran kebencian. Selain itu, secara preventif Polres Pulang Pisau sudah melakukan himbauan-himbauan dan bahkan langsung dipimpin oleh dirinya turun ke daerah-daerah di beberapa tempat.

“Untuk itu saya mengajak agar kita bersama-sama menjaga, di daerah kita ini agar senantiasa kondusif, dan jangan biarkan adanya isu-isu atau provokasi yang mau memecah belah kedamaian di Bumi Handep Hapakat yang kita cintai ini” tutupnya. (RP/02)