Rakornis Pelaksanaan Pilkades di Pulpis Sebagai Wadah Silaturahim

oleh

Pulang Pisau – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) HM. Syaripul Pasaribu, Selasa (30/4/2019) mengatakan, kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) gelombang ke III itu sebagai wadah silaturahim antara pemerintah Desa dengan Pemerintah Daerah.

“Kegiatan rakornis ini sebagai wadah koordinasi antara Pemerintah Desa dengan Pemerintah Daerah dalam persiapan pelaksanaan pemilihan kepala desa gelombang III di tahun 2019,” ujar HM. Syaripul Pasaribu disela kegiatan Rakornis di Aula Dinas Kesehatan, Jalan WA. Duha, Kecamatan Kahayan Hilir.

Sebagai Bentuk Komitmen Bersama, sambung Syaripul, seluruh Panitia Pembina dan Pengawas Pemilihan Kepala Desa Tingkat Kabupaten dan Kecamatan serta Kepala Desa dan Ketua BPD mensukseskan pemilihan Kepala Desa Gelombang III tahun 2019.

Jumlah Perserta yang mengikuti kegiatan, kata Syaripul, di ikuti 114 orang yang terdiri dari Unsur Panitia Pembina dan Pengawas Tingkat Kabupaten ( 22 Orang), Unsur Panitia Pembina dan Pengawas Tingkat Kecamatan ( 32 Orang), dan Kepala Kepala Desa dan Ketua BPD terkait (60 Orang).

” Biaya pelaksanaan Kegiatan ini dibebankan pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa,” ujar Syaripul menjelaskan.

Anggaran Pelaksanaan Pilkades, sambung Syaripul, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Pasal 34 ayat 6 berbunyi ”Biaya pemilihan Kepala Desa dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota,” ujar Syaripul.

Penjelasan Pasal 34 ayat 6 berbunyi “Biaya pemilihan Kepala Desa yang dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten/Kota adalah untuk pengadaan surat suara, kotak suara, kelengkapan peralatan lainnya, honorarium panitia, dan biaya pelantikan,” tutupnya. (RP/01)