SatPol PP Pasang Plang Peringatan Di Ruas Jalan Protokol

oleh

KAPUAS – Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (SatPol PP) dan Pemadam Kebakaran pasang plang peringatan di ruas Jalan Protokol “Tanpa Seizin Bupati Kapuas Bila Ditemukan Melanggar Ketentuan Akan Ditertibkan Sat Pol PP”.

Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Yunabut mengatakan, pihaknya memasang papan peringatan sepanjang jalan protokol dari Jalan Suprapto, Jalan A Yani, Jalan Tambun Bungai dan Jalan Pemuda, agar masyarakat lebih tertib mendirikan bangunan. Eksekusi dilakukan pihak Sat Pol PP dengan seizin Bupati Kapuas, Jumat(15/3/2019).

“Ini semacam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk menjaga situasi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantipbum) tetap kondusif di dalam kota, dan rencana ada12 titik di dalam kota yang akan kita pasang” katanya.

Karena itu, perlu dijelaskan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda), nomor 5 tahun 2011 tentang ketertiban umum khusus pasal 45 poin A, B dan C yang melarang memanfaatkan daerah garis sepadan jalan, trotoar dan drainase untuk kepentingan berdagang dan berusaha.”Kalau pun berjualan harus atas izin pak Bupati, kalau tidak ada izin tidak diperkenankan berjualan disitu” ungkap Yunabut.

Ini mengingatkan, lanjut Yunabut, kepada setiap masyarakat kalau SatPol PP memberikan peringatan, jangan sampai muncul asumsi bahwa pihaknya bertindak arogan.”Karena kita sudah memasang papan peringatan dan pencerahan kepada masyarakat, dan kita bisa menyalahkan mereka karena ketidak tauan terhadap aturan yang dibuat oleh Pemerintah”terangnya. 

Yunabut berharap masyarakat bisa memahami dan mengerti, demi kenyamanan bersama agar estetika kota terlihat rapi. Sehingga perkembangan kota ini tertata dengan aman, rapi, bersih, tertib dan tentu aman. 

“Jangan sampai terjadi alifungsi bangunan yang nantinya merugikan pihak pengusaha dan lingkungan sekitar” pungkasnya. (RP/02)