Terkendala Peralatan, Dukcapil Belum Bisa Cetak KIA

oleh

PULANG PISAU – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pulang Pisau Subagijo mengatakan, sampai hari ini pihaknya masih belum bisa melaksanakan penerbitan Kartu Indentitas Anak (KIA). Pasalnya sampai saat ini pihaknya masih mengalami keterbatasan peralatan untuk mencetak KIA tersebut.

“Keterbatasan kita, karena masih belum ada peralatan untuk melakukan pencetakan, dan untuk kartu itu pun kita harus melaksanakan pengadaan terlebih dahulu. Karena kartu itu tidak disediakan oleh pusat, melainkan kita yang harus mengadakannya sendiri” beber Subagijo kepada Reporter Borneo24.

Menurut pengakuan Subagijo, pada tahun 2019 ini masih belum tersedia anggaran untuk melaksanakan program pengadaan KIA.

“Untuk usulan ke Pemerintah Daerah, ya itu sudah kita usulkan, hanya saja, ada beberapa prioritas yang harus kita laksanakan terlebih dahulu” Ujar Subagijo menjelaskan.

Sampai sekarang ini, pihak Disdukcapil masih terfokus pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk melaksanakan perekaman sebanyak-banyaknya dalam rangka persiapan Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg).

Subagijo juga menyatakan, program KIA dapat segera dilaksanakan setelah selesai Pilpres dan Pileg 2019.

“Intinya KIA ini merupakan program kita yang memang sudah ada, dan yang jelas, perangkat, serta bahannya harus segera kita persiapkan terlebih dahulu,” tandasnya. (RP/02).