Tiga Desa di Kapuas akan direlokasi, kenapa?

oleh

KAPUAS – Tiga desa akan direlokasi dalam waktu dekat akibat dampak banjir. Ketiga desa itu adalah Desa Kayu Bulan, Desa Lawing Kamang Kecamatan Kapuas Tengah dan Desa Tambak Bajai Kecamatan Dadahup. Komisi IV DPRD Kapuas bersama mitra kerja Dinas Sosial melakukan konsultasi ke Dirjen PSKBA (Perlindungan dan Jaminan Sosial Bencana Alam) kementerian Sosial RI.

Kedatangan rombongan komisi IV DPRD dan Dinas Sosial Kabupaten Kapuas diterima langsung oleh Kasi Tata Kelola Logistik dan Kasi Pemulihan dan Penyuluhan Sosial terkait kegiatan konsultasi & koordinasi komisi IV DPRD Kabupaten Kapuas dilantai 3 ruang PSKBA.

Ketua Komisi IV, Lawin mengatakan, kunjungan kerja bersama mitra kerja Dinas Sosial ke Kementrian Sosial RI terutama Dirjen PSKBA untuk menindaklanjuti tiga desa yang sudah diusulkan untuk direlokasi.

“Karena tiga desa ini sudah memenuhi syarat setelah dilakukan pengecekan lahan dan infrastruktur” ungkap Lawin saat dihubungi via seluler Jumat(22/2/2019).

Karena itu, lanjut dia, untuk kedepan diharapkan warga bisa menempati lokasi relokasi, sehingga perlu dilakukan koordinasi lanjutan untuk pemantapan program relokasi atas tiga desa yang sudah diajukan melalui proposal ke Kementerian Sosial.

“Memang di tahun 2017 ada satu, di Kecamatan Timpah desa Lawang Kajang yang sudah di realisasi dan kedatangan kita ke Kementerian untuk bencana alam banjir yang berdampak pada tiga desa bisa teraliasasi tahun 2019 ini” ungkapnya. 

Politikus Partai Hati Nurani Rakyat ini, berharap tindak lanjut atas kunjungan ini bisa berdampak pada usulan relokasi desa, dimana setiap tahun terkena bencana banjir didaerah kawasan non pasang surut.

“Mengingat tahun anggaran 2019 telah berjalan, saya sarankan diajukan kembali ke Kemensos tembusan ke BNPB dan BPBD untuk memaksimalkan program relokasi tiga desa tersebut” tandasnya. (RP/01)