Tiga Pilar Gelar Apel Kesiapan Pemilu 2019

oleh

PALANGKA RAYA – Memasuki 27 hari sebelum pelaksanaan pemilu 2019, Polres Palangka Raya, Kodim 1016 dan Pemerintah Kota Palangka Raya menggelar apel tiga pilar di halaman Pemkot Palangka Raya. Dalam apel tersebut, seluruh personel dituntut solid untuk mengamankan jalannya pemilu. 

Hadir dalam apel tiga pilar, Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, Dandim 1016 Palangka Raya Letkol Czi Chandra Adibrata, Ketua Bawaslu Palangka Raya Endrawati, Komisioner KPU Palangka Raya Abdul Sani dan perwakilan Walikota Palangka Raya. 

Apel dilanjutkan simulasi penanganan keributan yang dilakukan pendukung yang tidak puas akan hasil pemilihan pemilu 2019. Dari simulasi digambarkan penanganan tim gabungan Polres Palangka Raya, Kodim 1016 dan jajaran Pemkot dalam mengatasi tindak kerawanan yang terjadi saat pemilu. 

“Sekitar 700-800 personel dikerahkan untuk menangani dan mengamankan 894 TPS di Palangka Raya. Terdiri dari Pemkot, Kodim dan Polres Palangka Raya,” ucap AKBP Timbul RK Siregar. 

Sedangkan, Komandan Kodim 1016 Letkol Czi Chandra Adibrata menuturkan simulasi dilakukan dengan mengambil skenario terburuk saat pemilu berlangsung. Kerusuhan dan keributan merupakan hal yang paling diantisipasi. “Kita ambil situasi terburuk sehingga nantinya saat pelaksanaan bisa mengatasi tanpa kebingungan. Untuk Kodim sendiri menurunkan 150-200 personel” tegasnya. (RP/02)