6 Kebiasaan yang Tingkatkan Imun Tubuh, Tetap Sehat di Musim Hujan

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Sejumlah wilayah di Indonesia tengah dilanda musim hujan. Masyarakat perlu waspada agar terhindar dari penyakit-penyakit musim hujan yang mengintai.

Untuk mencegahnya, Anda bisa menjalani beberapa kebiasaan baik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Imun tubuh yang kuat bisa menjauhkan Anda dari ancaman penyakit musim hujan.

Perlu diketahui, sistem kekebalan tubuh bekerja lebih lemah pada suhu yang dingin, seperti di musim hujan. Akibatnya, virus dan bakteri jadi lebih mudah menginfeksi.

Tak hanya itu, kehadiran banjir juga menjadi media penyebaran patogen yang lebih cepat.

Dokter umum dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Kristanti Diliasari menjelaskan tujuh kebiasaan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari penyakit saat musim hujan. Berikut di antaranya.

1. Menjaga pola makan

Asupan gizi yang seimbang berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Memastikan asupan gizi harian dapat dilakukan dengan memperhatikan pola makan yang sehat dan tepat.

Anda perlu memastikan untuk mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayuran, buah-buahan, serta minum air yang cukup.

Penting untuk rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung vitamin B, vitamin C, seng, dan vitamin D.

“Anda juga perlu membatasi konsumsi gula, garam, dan minyak yang berlebih untuk lebih terjauh dari penyakit,” tulis Kristianti dalam keterangan resmi yang diterima CNNIndonesia.com.

Kristianti juga menyarankan untuk mengonsumsi probiotik seperti yogurt, tahu, tempe, atau fermentasi sayuran seperti acar untuk membantu menjaga kesehatan usus agar sistem pencernaan tetap lancar.

2. Rutin berolahraga

Tak hanya dapat memperbaiki mood, sejumlah studi juga membuktikan bahwa berolahraga juga berperan dalam meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh. Rutin berolahraga jadi salah satu kebiasaan sehat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Luangkanlah waktu sejenak untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap hangat, sirkulasi darah lancar, dan massa otot tetap terjaga.

3. Menjaga kualitas tidur

Tidur yang cukup dan berkualitas sangat penting untuk menjaga tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Mengutip jurnal dari National Sleep Foundation, Washington USA, rekomendasi waktu tidur per hari sesuai usia adalah:

– 10-13 jam untuk anak usia 3-5 tahun,
– 9-11 jam untuk anak usia 6-13 tahun,
– 8-10 jam untuk anak usia 14-17 tahun,
– 7-9 jam untuk dewasa 18-64 tahun,
– 7-8 jam untuk usia lansia.

4. Mengelola stres

Musim hujan yang disertai banjir dan kemacetan tentunya memicu stres. Manajemen stres yang baik sangat diperlukan agar Anda tetap tenang menjalani kegiatan meski terkendala berbagai rintangan. Strategi fisik berupa relaksasi dapat dilakukan untuk menenangkan diri dari stres.

5. Menjaga tubuh tetap hangat

Intensitas hujan yang tinggi membuat udara semakin dingin. Maka dari itu, Anda dianjurkan untuk membawa payung atau jas hujan, hingga pakaian ganti saat cuaca tampak mendung.

Gunakan pakaian yang cukup tebal atau jaket. Selain itu, jagalah tubuh tetap hangat dengan minum air hangat.

6. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan

Anda dianjurkan untuk mandi dua kali sehari untuk menjaga kebersihan tubuh. Jika tubuh basah karena terguyur air hujan, segeralah mandi hingga bersih dengan air hangat.

Tak hanya itu, cucilah tangan dengan baik dan benar menggunakan sabun dan air mengalir.

Selain itu, lakukan gerakan 3M rutin dengan menguras dan menutup bak air serta menimbun barang bekas atau benda yang memungkinkan menampung genangan air agar tidak menjadi tempat berkembang biak nyamuk yang dapat menimbulkan penyakit. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.