Apakah Penyakit Tiroid Bisa Disembuhkan? Ini Penjelasannya

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.comMengalami kelainan kerja dari kelenjar tiroid akan mengakibatkan perubahan metabolisme di dalam tubuh Anda. Ketika Anda mengalami masalah tiroid ini, tentu pertanyaan besarnya adalah apakah penyakit tiroid bisa disembuhkan? 

Anda dikatakan menderita penyakit tiroid ketika kelenjar tiroid yang terletak di leher, tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Penyakit tiroid bisa disebabkan oleh pembengkakkan kelenjar tiroid) hingga kanker tiroid atau kanker kelenjar getah bening. Sindrom genetik, kekurangan yodium, dan paparan radiasi bisa memicu kondisi tersebut.

Gangguan pada kelenjar tiroid akan membuat produksi hormon tiroid terganggu. Jika produksinya kurang dari normal maka disebut sebagia hipotiroidisme dan jika produksinya lebih dari normal maka disebut hipertiroidisme. 

Apakah penyakit tiroid bisa disembuhkan?

Kelainan pada jaringan di kelenjar tiroid bisa diobati agar fungsinya kembali normal. Dengan ini, kelenjar mampu memproduksi hormon secara stabil guna mempertahankan metabolisme normal tubuh. Tapi kondisi normal tersebut terkadang butuh perawatan rutin.

Sebagai contoh, pasien yang sudah sembuh dari kanker getah bening lewat jalan operasi dan perawatan iodium radioaktif, sel kankernya mungkin sudah hilang. Tetapi kondisi hipotiroidisme yang menyertai akan tetap ada dan harus mendapat pengobatan rutin seumur hidup.

Situasi yang sama juga terjadi ketika Anda mengidap hipotiroidisme akibat penyakit Hashimoto. Dengan pengobatan, Anda mungkin bisa menambal kekurangan hormon tiroid yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi antobodi yang muncul dalam tubuh bisa kembali aktif sewaktu-waktu.

Sama halnya dengan hipertiroidisme yang biasanya disebabkan oleh Graves’ disease. Kondisi ini terjadi ketika antobodi tertentu menyerang kelenjar tiroid, sehingga menyebabkannya menghasilkan hormon yang berlebihan.

Kesimpulannya, penyakit tiroid tidak bisa benar-benar disembuhkan, tapi bisa diobati agar gejala yang muncul sangat minimal atau bahkan hilang, sehingga pengidap penyakit ini tidak merasakan gangguan yang membuat mereka tidak nyaman.

Cara mengobati hipotiroidisme 

Pada kebanyakan kasus, hipotiroidisme dapat diobati dengan mengonsumsi obat untuk mengganti sejumlah hormon yang tidak lagi diproduksi oleh kelenjar tiroid sehingga tubuh tidak lagi kekurangan hormon. Pengobatan ini perlu dijalani seumur hidup.

Salah satu obat yang biasa digunakan untuk mengobati hipotiroidisme adalah hormon tiroid sintetis levothyroxine. Obat ini perlu diminum setiap hari, sehingga kadar hormon kembali memadai dan gejala hipotiroidisme mereda.

Biasanya Anda dapat mulai merasa lebih baik segera setelah memulai perawatan. Selama mengonsumsi levothyroxine, Anda mungkin memerlukan beberapa kali penyesuaian dosis karena kebutuhan dapat berubah dari waktu ke waktu tergantung kondisi kesehatan, termasuk jika ada perubahan berat badan

No More Posts Available.

No more pages to load.