Arti Less Sugar pada Label Makanan dan Minuman, Tak Selalu Lebih Sehat

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Mengonsumsi gula secara berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan, termasuk obesitas, diabetes, bahkan penyakit jantung. Minuman kemasan seperti minuman bersoda atau minuman ringan lainnya dapat menjadi sumber asupan tinggi gula.

Saat ini tidak sedikit produsen yang memproduksi minuman dengan label less sugar. Produk minuman less sugar biasanya diminati oleh mereka yang ingin membatasi konsumsi gula atau sedang berdiet.

Tetapi tahukah Anda apa artinya less sugar atau keterangan kadar gula lainnya di label kemasan? Mengetahui informasi ini dapat membantu Anda memilih produk dengan kandungan gula yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Arti Less Sugar

Less sugar adalah istilah yang digunakan pada produk yang memiliki kandungan gula setidaknya 25% lebih sedikit daripada versi standar produk tersebut.

Misalnya, jika sebuah produk minuman biasanya mengandung 20 gram gula, maka produk versi less sugar artinya hanya mengandung 5 gram gula saja atau lebih sedikit. Label less sugar juga terkadang ditulis sebagai reduced sugar.

Meski memiliki lebih sedikit gula, tidak berarti produk less sugar lebih sehat. Pasalnya, dalam beberapa kasus, meskipun makanan atau minuman rendah gula tetapi dapat mengandung jumlah kalori dan lemak yang tinggi, atau bahkan kandungan gulanya tetap sama dengan versi standar merek lain.

Karena itu, bagi Anda yang sedang menjalani diet gula ataupun membatasi asupan gula, jangan mudah tergoda dengan label less sugar yang ada pada makanan dan minuman. Selain itu, waspada juga terhadap gula-gula tersembunyi maupun makanan tinggi gula yang tidak memiliki rasa manis seperti saus atau sup kemasan.

Arti Kadar Gula Lain di Kemasan Makanan

Memperhatikan asupan gula adalah bagian penting dalam gaya hidup sehat, khususnya, jika Anda memiliki risiko tinggi diabetes atau sudah mengidap diabetes. Selalu perhatikan label makanan untuk mengetahu informasi terkait kandungan gula pada makanan tersebut.

Selain less sugar, berikut ini arti kadar gula lainnya yang mungkin Anda dapati di kemasan makanan atau minuman:

1. Total Sugar

Total sugar atau gula total adalah angka yang menunjukkan jumlah gula secara keseluruhan, termasuk gula yang secara alami ada di dalam banyak makanan bergizi seperti gula susu (laktosa) dan gula buah-buahan (fruktosa) serta gula tambahan yang mungkin ada di dalam produk.

2. Added Sugar

Jenis gula yang termasuk ke dalam added sugar atau gula tambahan adalah:

  • Gula yang ditambahkan selama pemrosesan makanan seperti misalnya sukrosa atau dekstrosa
  • Makanan yang dikemas sebagai pemanis, misalnya gula meja atau gula bubuk
  • Gula dari sirup dan madu
  • Gula dari konsentrat jus buah atau sayuran.

Jumlah added sugar tidak termasuk gula yang secara alami terdapat di dalam susu, buah-buahan, dan sayuran.

Rata-rata, batas konsumsi gula tambahan adalah 50 gram per hari berdasarkan diet harian dengan total konsumsi 2000 kalori. Namun kebutuhkan gula harian setiap orang bisa berbeda-beda tergantung kondisi.

3. Sugar Free

Sugar free, no sugar atau bebas gula bukan berarti produk makanan atau minuman tidak mengandung gula sama sekali atau hanya mengandung kurang dari 0,5 gram gula baik gula alami maupun tambahan. Tetapi ingatlah jika produk memiliki label sugar free bukan berarti bebas karbohidrat.

Jika Anda harus menjaga asupan gula, maka saat hendak memilih makanan atau minuman, perhatikan juga kandungan karbohidrat pada label di kemasan.

4. No Added Sugar

Keterangan no added sugar atau tanpa tambahan gula menunjukkan bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan tinggi gula dan tidak ada gula yang ditambahkan selama pemrosesan atau pengemasan.

Meskipun demikian no added sugar juga buka berarti bahwa produk tidak mengandung karbohidrat maupun gula alami dari bahan makanan tersebut.

Beberapa makanan ada yang secara alami mengandung banyak gula. Mungkin saja produk dengan keterangan tanpa tambahan gula mungkin masih tinggi karbohidrat karena bahan-bahan lain dalam pembuatannya.

5. Low Sugar

Low sugar atau rendah gula adalah produk makanan atau minuman yang memiliki kandungan gula kurang dari 5 gram per 100 gram berat makanan atau minuman. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.