Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih yang Harus Diwaspadai

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Air adalah komponen utama dalam tubuh yang membentuk sekitar 50-70 persen berat badan. Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Namun, tahukah Anda kalau terlalu banyak minum air putih disinyalir berbahaya bagi kesehatan?

Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Ketika kebanyakan minum air putih, Anda berisiko mengalami keracunan air atau gangguan fungsi otak. Sebab, terlalu banyak air di dalam sel otak bisa menyebabkan pembengkakan

Kondisi ini dapat menimbulkan tekanan di otak. Akibatnya, Anda dapat mengalami berbagai gejala, seperti kebingungan, mengantuk, dan sakit kepala. 

Jika tekanannya meningkat, kondisi ini bahkan bisa menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi) atau bradikardia (penurunan detak jantung).

Bahaya akibat terlalu banyak minum air putih lainnya adalah mempengaruhi kadar natrium dalam tubuh. Hal tersebut bisa menimbulkan masalah yang dikenal sebagai hiponatremia.

Padahal natrium adalah elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan cairan yang masuk dan keluar dari sel. Ketika kadar natrium turun karena tingginya kadar air dalam tubuh, cairan kemudian masuk ke dalam sel.

Akibatnya, sel pun menjadi bengkak sehingga Anda berisiko mengalami kejang, koma, atau bahkan sekarat. 

Dilansir dari Medical News Today, ada laporan medis mengenai kematian akibat asupan air yang berlebih walaupun jarang terjadi. 

Kondisi ini paling sering mempengaruhi orang yang berpartisipasi dalam acara olahraga atau latihan militer, ataupun orang yang memiliki masalah kesehatan mental. 

Oleh sebab itu, konsekuensi akibat kebanyakan minum air putih penting untuk diperhatikan.

Gejala terlalu banyak minum air putih

Mulai dari perubahan warna urine hingga kelelahan, berikut adalah ciri-ciri kelebihan minum air putih.

1. Warna urine berubah

Warna urine yang normal biasanya berkisar dari kuning pucat hingga kuning tua. 

Namun, jika warnanya berubah menjadi bening atau jernih, bisa jadi itu pertanda Anda kebanyakan minum air putih dalam waktu yang singkat. Sebenarnya, hal ini adalah baik jika Anda minum dengan cukup.

2. Sering buang air kecil

Seseorang umumnya buang air kecil sekitar 6-8 kali sehari. Namun, sering buang air kecil lebih dari biasanya dapat menjadi tanda jika Anda terlalu banyak minum air putih.

3. Mual atau muntah

Jika Anda memiliki terlalu banyak air di dalam tubuh, ginjal tidak dapat membuang kelebihan cairan tersebut.  Akibatnya, Anda dapat mengalami mual, muntah, dan diare.

4. Sakit kepala berdenyut

Kelebihan air dalam tubuh dapat menyebabkan kadar natrium turun dan pembengkakan sel. 

Pembengkakan ini memicu sel yang ada di otak menekan tengkorak sehingga Anda bisa mengalami sakit kepala berdenyut atau bahkan gangguan otak.

5. Perubahan warna tangan, kaki, dan bibir

Ketika Anda terlalu banyak minum melebihi yang diharuskan, pembengkakan atau perubahan warna dapat terjadi pada kaki, tangan, dan bibir. Ketika sel membengkak, kulit juga kena imbasnya .

6. Otot lemah dan kram

Apabila kadar elektrolit turun karena kebanyakan minum air putih, keseimbangan tubuh juga ikut menurun. 

Alhasil, kadar elektrolit yang rendah dalam tubuh dapat menyebabkan kejang otot dan kram.

7. Lesu atau lelah

Efek terlalu banyak minum air putih lainnya adalah menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras untuk membuang kelebihan air. 

Kondisi ini menciptakan reaksi hormon yang membuat Anda merasa lelah dan stres.

Misalnya, jika Anda sulit bangun dari tempat tidur setelah kebanyakan minum air putih, itu terjadi karena ginjal terlalu banyak bekerja.

Berapa banyak kebutuhan air per hari?

Kebutuhan cairan setiap orang sebetulnya berbeda-beda, tergantung pada tingkat aktivitas fisik, iklim, berat badan, dan jenis kelamin.

Pada orang dewasa, disarankan untuk minum air putih sekitar 8 gelas (ukuran 230 ml) atau 2 liter setiap hari.

Selain dari minuman, makanan juga dapat memberikan cairan pada tubuh sekitar 20 persen. Cairan ini umumnya berasal dari buah dan sayur, misalnya bayam dan semangka. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.