Batang Otak: Fungsi dan Penyakit Penyerta yang Perlu Diwaspadai

oleh

Jakarta, Borneo24.com Batang otak adalah bagian seperti batang yang berada di otak yang menghubungkan otak ke sumsum tulang belakang (kolom jaringan saraf yang mengalir di tulang belakang). Itu terletak di bagian bawah otak dan merupakan bagian dari sistem saraf pusat.

Batang otak dilindungi oleh meningen, yang terdiri dari tiga lapisan jaringan ikat seperti lembaran yang menyelimuti otak dan sumsum tulang belakang.

Di luar meningen, batang otak dilindungi oleh bagian bawah tengkorak. Cairan serebrospinal (CSF) mengalir antara meninges dan batang otak, memberikan nutrisi dan perlindungan.

Berikut rangkum selengkapnya tentang batang otak, fungsi, dan penyakit yang menyertainya:

Fungsi Batang Otak

Batang otak mengandung saraf dan saluran (jalur saraf) yang menyediakan fungsi motorik dan sensorik ke seluruh tubuh. Saluran saraf terdiri dari urutan saraf yang dengan cepat mengirim pesan sepanjang rute tertentu. Jalur saraf utama di batang otak meliputi:

  • Spinotalamikus: Traktus ini terletak di bagian luar batang otak, menyampaikan pesan sensasi yang berasal dari saraf sensorik ke sumsum tulang belakang, melalui batang otak, dan ke thalamus di korteks serebral.
  • Kortikospinal: Traktus ini terletak ke medial, dekat pusat batang otak, mengirimkan pesan dari bagian motorik korteks serebral melalui batang otak, ke sumsum tulang belakang, dan akhirnya ke otot untuk mengontrol gerakan.
  • Spinocerebellar: Saluran ini terletak di bagian lateral batang otak, menyampaikan pesan antara otak kecil dan sumsum tulang belakang untuk mengatur posisi tubuh.

Beberapa struktur yang terletak di batang otak bekerja dengan berkoordinasi dengan neurotransmiter (pembawa pesan kimia) dan struktur di bagian lain otak dan di seluruh tubuh untuk mengontrol fungsi kompleks.

Contoh fungsi tersebut antara lain:

Gerakan: Substantia nigra dan nukleus merah di otak tengah berinteraksi dengan ganglia basal di belahan otak untuk membantu mengontrol gerakan.

Fungsi otonom: Medula mengandung inti yang mempertahankan fungsi seperti pernapasan dan pengaturan fungsi kardiovaskular.

Tidur dan kesadaran: Formasi retikuler, sekelompok saraf yang meluas ke seluruh batang otak, berinteraksi dengan korteks serebral untuk menengahi keadaan gairah.

Penyakit Terkait Batang Otak

Beberapa kondisi dapat memengaruhi batang otak, yang menyebabkan gejala neurologis. Gejalanya sesuai dengan area spesifik batang otak yang terpengaruh. Terkadang, area kerusakan yang sangat kecil dapat menyebabkan gejala yang parah.

Gejala umum dari kondisi yang mempengaruhi batang otak meliputi vertigo (perasaan bahwa ruangan berputar), gangguan keseimbangan, muntah, sakit kepala parah, kelainan gerakan mata, kelemahan dan/atau kehilangan sensorik pada satu sisi tubuh.

  • Stroke batang otak : Stroke adalah kerusakan otak yang terjadi karena aliran darah terganggu. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari penyempitan pembuluh darah yang parah atau mungkin terjadi ketika bekuan darah berjalan ke pembuluh darah batang otak, menghalangi aliran darah.
  • Beberapa subtipe stroke batang otak termasuk sindrom meduler lateral, sindrom Weber (sindrom stroke otak tengah), dan sindrom pontin lateral.
  • Multiple sclerosis (MS) : Materi putih batang otak dapat dipengaruhi oleh demielinasi pada MS, menyebabkan gejala yang mungkin reversibel, semakin buruk selama bertahun-tahun, atau permanen, tergantung pada jenis MS.
  • Peningkatan tekanan intrakranial : Ketika terjadi pembengkakan di otak, seperti karena trauma kepala, stroke, atau infeksi, hal itu dapat memberikan tekanan pada batang otak, yang mempengaruhi fungsinya. Ini dapat menghasilkan efek yang mengancam jiwa, seperti gangguan pernapasan.
  • Gangguan gerakan : Beberapa gangguan gerakan, termasuk penyakit Parkinson, berhubungan dengan disfungsi dan degenerasi area batang otak tertentu, seperti substansia nigra dan nukleus merah.
  • Aneurisma otak : Aneurisma otak dapat memengaruhi pembuluh darah di lokasi mana pun di otak, termasuk pembuluh darah di dekat batang otak. Aneurisma dapat menekan struktur di batang otak, dapat mengganggu suplai darah, atau dapat menyebabkan efek parah jika berdarah.
  • Tumor otak : Tumor otak primer dapat berkembang di setiap wilayah otak dan kanker dari tempat lain di tubuh dapat menyebar ke otak. Beberapa jenis tumor batang otak primer termasuk glioma, meningioma, dan neuroma akustik.