Hepatitis Akut Banyak Menyerang Anak, Bagaimana dengan Orang Dewasa?

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.com Hepatitis akut masih terus menjadi sorotan. Penyakit yang merusak organ hati itu banyak menyerang anak.

Bagaimana dengan orang dewasa? Apakah hepatitis akut bisa terjadi pada orang dewasa?

Hepatitis akut merupakan penyakit infeksi virus yang menyerang organ hati. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui saluran cerna. Namun, beberapa ahli menduga penyakit ini juga bisa menular melalui saluran napas.

Hingga saati ini,  sebanyak 14 kasus dugaan hepatitis akut terjadi pada kelompok anak di Indonesia.

Direktur RSCM Lies Dina Liastuti menuturkan, hepatitis akut bisa saja menular pada orang dewasa.

“Tentu saja bisa menular pada orang dewasa. tapi kenapa yang muncul di anak-anak? Kita belum tahu,” kata Lies dalam gelaran diskusi bersama Forum Merdeka Barat 9, Senin (23/5).

Diketahui, di seluruh dunia, kasus hepatitis akut menyerang anak usia 1-16 tahun. Belum ditemukan kasus yang sama terjadi pada orang dewasa hingga saat ini.

Namun, para ahli tetap mengimbau orang dewasa untuk tetap waspada terhadap penyakit yang belum diketahui penyebabnya ini.

Sebelumnya, Kepala Komite Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSPI Sulianti Saroso, Titi Sundari juga mengatakan hal yang sama. Hepatitis akut masih mungkin menular pada orang dewasa.

“Dari kasus-kasus yang ada di dunia itu terjadi pada anak umur satu bulan sampai 16 tahun. Tapi, sebenarnya bisa mengenai ke semua usia bila berhubungan dengan pasien hepatitis akut,” ujar Titi, beberapa waktu lalu.

Untuk itu, baik anak maupun orang dewasa tetap perlu melakukan pencegahan. Hepatitis akut bisa dicegah dengan menjaga kebersihan.

Misalnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau setelah menyentuh permukaan tertentu. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi aman dan dimasak dengan sempurna.

Selain itu, mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker juga bisa membantu mencegah penularan hepatitis akut. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.