Hindari Kebiasaan Ini Saat Makan Malam Dampaknya Berbahaya, Ini Alasannya

oleh
Ilustrasi Gambar

Jawa Barat, Borneo24.com- Kita memang dianjurkan untuk makan 3 kali dalam sehari, namun banyak dari kita yang menghindari makan malam dengan alasan menjaga atau ingin mengurangi berat bada.

Sebenarnya makan malam sah-sah aja dilakukan, kok. Asal kita tahu waktu yang tepat serta makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat makan malam.

Jam makan malam terlalu ‘mepet’ dengan jam Tidur

Kalau kita makan malam nya terlalu mepet sebelum waktu Tidur, hal ini akan sangat merugikan tubuh. Gula darah yang tinggi saat akan Tidur lama kelamaan akan ditumpuk oleh lemak yang diperoleh dari makanan yang kita konsumsi sebelum Tidur.

Nantinya hal tersebut akan memicu resistensi insulin, berat badan meningkat, dan gangguan metabolisme.

Memutuskan makan malam saat badan udah lelah

Kalau kita memutuskan pengin makan apa saat pikiran dan badan sudah lelah banget, otak akan mengarahkan kita untuk memesan makanan enggak sehat, berupa junk food dan makanan instan lainnya.

Makan sambil nonton TV

Kalau kita makan sambil nonton TV, drama, variety show, atau scrolling Instagram, hal ini akan membuat fokus kita terbagi. Secara enggak langsung, kebiasaan ini akan menstimulasi otak dan membuat kita jadi enggak merasa kenyang. Jadi enggak sadar sudah berapa banyak makanan yang kita konsumsi saat itu.

Ngemil makanan manis

Mengonsumsi camilan manis setelah makan malam bukanlah keputusan yang baik.

Kalau memang pengin mengonsumsi makanan manis setelah makan malam, sebaiknya kontrol jumlahnya. Jangan sampai berlebihan karena bisa membuat lemak di tubuh makin meningkat.

Ngopi setelah makan malam

Enggak sedikit orang yang lebih produktif bekerja pada malam hari. Untuk membuat mata senantiasa terjaga, kopi pun jadi pilihan yang paling tepat dikonsumsi setelah makan malam.

Namun kebiasaan ini justru merugikan banget buat tubuh kita. Reaksi tubuh setiap individu terhadap kafein berbeda-beda. Kalau kita termasuk orang yang jadi deg-degan setelah minum kopi sebaiknya hindari mengonsumsi minuman tersebut di malam hari.

Ganti kopi dengan minuman hangat lain seperti teh hijau atau hitam yang juga mengandung kafein. Itu tadi beberapa kebiasaan makan malam yang bisa merugikan kita.

Mulai sekarang sebaiknya jangan dilakukan lagi. (***)

No More Posts Available.

No more pages to load.