Sederet Manfaat Minum Air Putih 2 Liter Setiap Hari

oleh
Ilustrasi.

Jakarta, Borneo24.comMinum air putih 2 liter setiap hari telah menjadi rekomendasi Kementerian Kesehatan. Manfaatnya tidak sekedar bisa menghindarkan kita dari rasa haus saat beraktivitas.

Faktanya, minum air putih 2 liter setiap hari itu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sebelumnya, kita perlu ingat bahwa tubuh manusia dewasa terdiri dari 60 persen air dan darah kita 90 persen air.

Berikut manfaat kita minum air putih 2 liter setiap hari:

1. Melumasi sendi

Tulang rawan kita mengandung sekitar 80 persen air. Tulang ini ditemukan dipersendian dan tulang cakram. Memenuhi kebutuhan minum air 2 liter setiap hari dapat mengurangi gesekan di persendian yang menyebabkan nyeri.

2. Membentuk air liur dan membersihkan mulut

Manfaat minum air putih juga untuk membentuk air liur yang membantu kita mencerna makanan dan menjaga mulut, hidung, dan mata tetap lembab.

Minum air putih juga bermanfaat untuk menjaga kebersihan mulut dan mengurangi kerusakan gigi. Manfaat optimal bisa kita dapat dengan memenuhi kebutuhan minum air putih 2 liter setiap hari.

3. Memberikan oksigen ke seluruh tubuh

Darah terdiri dari 90 persen air, yang nantinya bersama akan bertugas mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Sehingga, bisa jadi kurang minum air dapat mengganggu peredarah darah di seluruh tubuh.

4. Meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit

Seiring bertambahnya usia dan polusi yang meningkat dari hari ke hari, penuaan kulit semakin terjadi. Namun ada manfaat minum air putih setiap hari, yaitu dapat meningkatkan kesehatan dan kecantikan kulit.

5. Melindungi otak, sumsum tulang belakang, dan jaringan sensitif lainnya

Air yang kita minum dapat memengaruhi struktur dan fungsi otak dengan terlibat dalam produksi hormon dan neurotransmiter. Jika dehidrasi berkepanjangan, mungkin Anda bisa mengalami gagguan kognitif.

Kita minum air putih 2 liter setiap hari dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pemikiran dan penalaran. Mengutip Healthline, studi menunjukkan bahwa bahkan dehidrasi ringan, seperti kehilangan 1-3 persen dari berat badan, dapat mengganggu tingkat energi, merusak suasana hati, serta menyebabkan penurunan besar memori dan kinerja otak.

6. Mencegah dan mengobati sakit kepala

Penelitian menunjukkan bahwa sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi yang paling umum. Sehingga, memenuhi kebutuhan minum air putih 2 liter setiap hari bisa menjadi cara mencegah dan mengobati sakit kepala. Namun, penelitian berkualitas lebih tinggi diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat potensial ini.

7. Membantu sistem pencernaan

Usus membutuhkan air agar fungsinya dapat berkerja dengan baik. Jika Anda dehidrasi, dapat terjadi masalah pencernaan, seperti sembelit dan maag karena lambung terlalu asam. Jadi, penting memenuhi kebutuhan minur air putih 2 liter setiap hari untuk mencegahnya.

8. Membantu proses sekresi

Air dibutuhkan dalam proses sekresi, yang meliputi berkeringat, buang air kecil dan besar. Minum air putih 2 liter dapat memperlancar proses sekresi dalam tubuh Anda.

9. Membantu menjaga tekanan darah

Manfaat kita minum air putih 2 liter setiap hari juga untuk mencegah tekanan darah tinggi. Kurang minum air putih dapat menyebabkan darah menjadi kental dan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

10. Mendukung sistem pernapasan

Manfaat kita minum air putih 2 liter setiap hari lainnya adalah untuk membantu proses pernapasan. Saat mengalami dehidrasi, saluran udara dibatasi oleh tubuh yang bermanfaat untuk meminimalkan kehilangan air. Minum air kurang dari cukup dapat memperburuk asma dan alergi.

11. Mencegah kerusakan ginjal

Minum air putih 2 liter air setiap hari dapat mencegah kerusakan, seperti batu ginjal, karena organ ini berfungsi mengatur cairan dalam tubuh. Mengutip Healthline, memenuhi kebutuhan minum air putih dalam sehari dapat mengencerkan konsentrasi mineral, sehingga kecil kemungkinannya untuk batu ginjal terbentuk.

Air juga dapat membantu mencegah pembentukan awal batu, tetapi penelitian diperlukan untuk memastikan hal ini.

12. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat minum air juga dapat membantu menurunkan berat badan, jika dikonsumsi sebagai pengganti jus dengan pemanis tambahan dan soda. Minum air putih sebelum makan dapat membantu mencegah makan berlebihan dengan menciptakan rasa kenyang.

Selain itu, beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa manfaat minum air ini terjadi karena tubuh meningkatkan metabolisme Anda, menurut Healthline. Metabolisme itu dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar setiap hari.

13. Meningkatkan performa saat olahraga

Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa manfaat minum air putih lebih banyak dapat meningkatkan kinerja fisik. Salah satu ulasan menemukan bahwa dehidrasi yang berlangsung lebih dari 30 menit saja dapat mengurangi kinerja fisik Anda.

Jadi, sangat penting mencukupi kebutuhan minum air putih, terutama selama aktivitas fisik intens. Kehilangan sedikitnya 2 persen dari cairan tubuh Anda dapat secara signifikan mengganggu kinerja fisik.

No More Posts Available.

No more pages to load.